Spiritual

Ribuan Krama Iringi Upacara Melasti di Pura Agung Besakih

Sabtu, 02 Maret 2019 | 15:45 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Ribuan orang pengiring umat hindu dari seluruh Bali ikuti upacara melasti Ida Bhatara di Pura Agung Besakih sebagai rangkaian dari Karya Panca Bali Krama ke Segara Watuklotok, Klungkung, Sabtu (02/03).

Pilihan Redaksi

  • Bupati Giri Prasta Buka Pesamuan Sulinggih Se-Badung, Satukan Persepsi Terkait Upacara Tumpek
  • Wabup Suiasa Hadiri Upacara Nangluk Merana dan Mepekelem di Pura Petitenget
  • Jelang Puncak Karya Taur Tabuh Gentuh, Desa Adat Duda Gelar Upacara Melaspas
  •  
    Dalam upacara melasti ini, ada sebanyak 31 Jempana pelinggihan Ida Bhatara yang terdiri dari prelingga Catur Lawe seperti Ida Ratu Pande, Ratu Pasek, Ratu Penyarikan dan Ratu Dukuh. Kemudian Prelingga Ida Bhatara Lingsir Pura Besakih dan 19 Pedarmaan serta Prelingga di Pura Pura Penembahan yang ada di Pura Agung Besakih.
     
    Prelingga atau Jempana diusung oleh ribuan pengiring dengan berjalan kaki menuju pantai Watuklotok. Iringan diawali iring iringan dari  prelingg

    Pilihan Redaksi

  • Pengadaan Eskalator Pasar Blok A Seni Semarapura Masih Proses Tender
  • Buka Pawai Ogoh-Ogoh PAUD, Rai Mantra Ajak Cintai Budaya dan Jaga Lingkungan
  • Rai Mantra Berharap Pawai Ogoh-ogoh Anak Jadi Ajang Pengenalan Kreativitas
  • an Ida Ratu Pande dengan ciri khas pengiring berpakaian serba merahnya. Sementara itu, menurut Bendesa Adat Besakih yang juga selaku Prawartake Karya, Jero Mangku Widiarta menjelaskan, untuk jaraknya kurang lebih total keseluruhan berjarak sekitar 70 kilometer. 
     
    Untuk jalur yang ditempuh melalui jalur utama ke Pura Besakih, yakni melewati jalur Rendang, Bukit Jambul, Klungkung dan Menuju ke Pantai Watuklotok. Sementara, pada saat mantuk atau kembali, seluruh Pralinggan Atau jempana akan katuran mererepan di Pura Penataran Agung Klungkung. Setelah itu keesokan paginya perjalanan kembali dilanjutkan menggunakan rute jalur Satrie, Paksebali Sidemen, namun terlebih dahulu Pralingga katuran simpang di Pure Puseh Desa Adat Toh jiwa.
     
    Setelah simpang di Pure Puseh Tohjiwa, iring iringan kembali bergerak menuju Talibeng, kemudian kembali katuran mererepan di Pura Puseh Tobela. Setelah itu pada pagi harinya iringan dilanjutkan melewati jalur Selat, Muncan, Batusesa dan kembali mesandekan di Pure Pesimpangan sebelum langsung melinggih di Pura Penataran Agung Besakih. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Upacara Melasti Pura Penataran Besakih Watuklotok



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV