News

Pengelola TPA Mandung Buat Jalan Melingkar untuk Ratakan Pembuangan Sampah

Minggu, 07 April 2019 | 18:20 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Pengelola tempat pembuangan akhir (TPA) Mandung, Kecamatan Kerambitan sedang membuat jalan lingkar untuk meratakan pembuangan sampah dan diperkirakan rampung pada triwulan kedua 2019.

Pilihan Redaksi

  • PT Pegadaian Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik
  • Tabungan Sampah Pada Bank Sampah di Kota Denpasar Memungkinkan Dikonversi Ke Tabungan Emas
  • Bupati Giri Prasta Tekankan Perbekel di Badung Harus Mengeluarkan Perdes Tempat Sampah
  •  
    Tujuan membuat jalan lingkar agar kendaraan pengangkut sampah langsung bisa ke bagian belakang TPA langsung ke lahan kosong seluas 32 are. “Lahan kosong awalnya difungsikan untuk gas metan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan I Made Subagia, Minggu (7/4).
     
    Penggunaan lahan kosong sebagai tempat penimbunan sampah tidak akan menggangu produksi gas metan karena ketinggian pipa gas ditambah. "Kami pastikan tidak akan menganggu,” kata Subagia. 
      
    Made Subagia menjelaskan, Alat berat sedang mengerjakan sisi bagian utara menuju timur. Nantinya, truk yang masuk membawa sampah ke dalam akan masuk dari arah utara kemudian keluar dari arah selatan. "Baru sekarang kami wujudkan,” ujarnya. 
     
    Jalan lingkar di TPA Mandung akan dipadatkan dengan material lipsun dan batu kapur agar bisa dilalui truk besar. Selain itu

    Pilihan Redaksi

  • Ketagihan Judi, Buruh Harian di Tabanan Gunakan Sertifikat Palsu Menipu Teman
  • Hasil Seleksi P3K Tabanan: 100 Orang Lolos, 27 Gugur
  • Abu Vulkanik Gunung Agung Menyebar ke Wilayah Tabanan
  • , Jika ada kendaraan yang terjebak saat mengangkut sampah ke TPA Mandung akan ditarik menggunakan truk. 
     
    "Bisa juga ditarik dengan eskavator yang jelas kami berusaha supaya tidak sampai sampah menumpuk di bagian depan," ujar mantan Kepala Dinas Perikanan Tabanan.  
     
    Kepala UPT TPA Mandung Ni Luh Sukartini mengatakan, sampah ke TPA Mandung setiap harinya meningkat. Selain dari truk pemerintahan, sampah juga dibawa oleh kendaraan swasta. “Apalagi saat ini sampah dari desa juga banyak masuk,” ujarnya. 
     
    TPA Mandung menerima rata-rata 80 ton sampah yang diangkut oleh 50-60 kendaraan. Dari volume sampah tersebut dominan berasal sampah swasta atau dalam artian diluar wilayah pelayanan DLH. Karena selama ini pelayanan DLH hanya menyasar dua kecamatan yakni Tabanan dan Kediri. 
     
    "Untuk kecamatan lain hanya di tingkat pasar, dan tidak sampai kecamatan Pupuan, hanya sampai di Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg saja," kata Sukartini. (bbn/tab/rob)

    Penulis : arga kontri tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : TPA Mandung Jalan Lingkar Pembuangan Sampah



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV