Perda Desa Adat Akomodir Keberadaan LPD Agar Lebih Kuat - Beritabali.com

HOME / NEWS / INFORMASI

Perda Desa Adat Akomodir Keberadaan LPD Agar Lebih Kuat

Senin, 15 April 2019 | 18:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Dengan disepakatinya Ranperda Desa Adat oleh legislatif dan eksekutif, maka Perda ini menjadi rujukan hukum dalam mengatur tata kelola desa adat di Bali. Salah satu hal penting yang diakomodir dalam Perda ini yakni terkait keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD), dan saat ini diusulkan dirubah menjadi Labda Pecingkreman Desa (LPD). 

Pilihan Redaksi

  • Koster Siapkan Rapergub Perlindungan Hasil Karya Budaya Bali
  • Koster Anjurkan Even Internasional Gunakan Busana Adat dan Aksara Bali
  • 5 Tersangka Korupsi LPD Desa Kapal Dilimpahkan ke Kejari Badung
  •  
    Kedudukan LPD setelah masuk dalam ranah Perda akan lebih kuat, karena berada di bawah hukum adat. Penegasan ini disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster dihadapan Ketua LP LPD se Bali dan BKS LPD Provinsi Bali, saat menggelar ramah tamah di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Senin (15/4) sore.
     
    “Dengan ditetapkannya Ranperda Desa Adat menjadi Perda, kedepan desa adat di Bali berhak menyusun awig-awignya sendiri dan sah dimata hukum, termasuk menyusun awig-awig untuk pengembangan LPD. Perda akan memperkuat hukum adat, dan LPD yang berada dibawah hukum adat pun akan lebih kuat. Inilah cara kita memproteksi lembaga  ekonomi yang

    Pilihan Redaksi

  • Terdakwa Sopir Truk Nyambi Kurir Narkoba Kerap Ugal-ugalan di Jalan Usai Konsumsi Ineks
  • Koster Siapkan Rapergub Perlindungan Hasil Karya Budaya Bali
  • Perangkap Feromon Efektif Kendalikan Hama PBKo Dibanding Insektisida Sintetik
  • ada di desa adat, untuk mempkuat kedudukan LPD sendiri,”tegas Koster.
     
    Perubahan nama LPD pun menurut Koster sejatinya sebagai pembentukan jati diri LPD sebagai lembaga ekonomi adat yang berkarakter lokal, karena seperti diketahui selama ini LPD dikelola layaknya perbankan. “LPD saat ini masih menggunakan nomenklatur perbankan, dengan diatur Perda maka desa adat bisa mensinergikan programnya sehingga bisa berkembang secara bersama-sama,” urainya seraya menyampaikan akan segera merancang program untuk mengalokasikan bantuan permodalan dan pengembangan usaha-usaha riil yang dikelola LPD.
     
    Sementara itu, Ketua Badan Kerja Sama (BKS) LPD  Provinsi Bali Nyoman Cendikiawan menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya atas disahkannya Perda Desa Adat yang mendukung keberadaan LPD di Bali. Ia berharap kedepannya sinergi yang dijalin antara LPD bersama Pemda maupun Pemrov dapat lebih memajukan ekonomi Bali secara umum. (bbn/humasbali/rob)
     

    Penulis : Humas Provinsi Bali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Perda Desa Adat LPD Koster


    Info Iklan

    Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV