Investigasi

Selly Mantra Berdongeng dan Ajak Anak Gemar Makan Ikan

Rabu, 20 November 2019 | 13:45 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Tahun 2019 yang digelar Pemerintah Kota Denpasar bersama Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) pada Rabu (20/11) di Sanggar Kegiatan Belajar Tembau.

Pilihan Redaksi

  • "Payung Nina" Buku Cerita Anak yang Terbang Hingga ke Eropa
  • Rumah Singgah Kanker Khusus Anak Butuh Bantuan
  • Anak Penyandang Disabilitas Punya Hak yang Sama
  • Dalam peringatan yang mengambil tema “Cegah Stunting” tersebut Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar Ny. IA. Selly Dharmawijaya Mantra membacakan dongeng gemar makan ikan kepada seluruh anak-anak paud di Kota Denpasar. Para peserta sempat terpukau dengan dongeng dari IA. Selly Mantra.
    Dalam kesempatan tersebut Ny. Selly Dharmawijaya menyambut baik imbauan pemerintah pusat untuk mengkampanyekan gemar makan ikan, karena Pemkot Denpasar secara rutin telah mensosialisasi gemar makan ikan kepada masyarakat di Kota Denpasar.
    Dengan adanya himbauan  dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bersama HIMPAUDI membuatnya lebih semangat dan gencar melaksanakan Gebyar Makan Ikan. 
    ”Kami sangat menyambut baik imbauan dari pusat sehingga kami bisa menyasar masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dari sejak dini,” ungkap Ny. Selly Mantra.
    Lebih lanjut Ny. Selly mengatakan dengan adanya gerakan ajak makan ikan maka pengetahuan masyarakat akan semakin luas mengingat manfaat ikan sangat banyak untuk kesehatan dan kaya akan protein. Selain itu mengkonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya Stunting pada anak.
    Seketaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Drh.I Gusti Ayu Raini mengatakan, dalam peringatan HARKANNAS Pemkot Denpasar bersama HIMPAUDI kota Denpasar menggelar berbagai kegiatan diantaranya adalah makan ikan bersama, berdongeng, pemberian pemahaman tentang manfaat ikan dan cara memilih ikan yang bagus kepada para orang tua.
    “Dengan demikian anak-anak akan semakin senang untuk mengkonsumsi ikan," ujarnya.
    Pemahaman kepada anak maupun kepada orang tua penting diberikan karena  pemberian ikan harus diberikan pada 1000 hari kehidupan. Artinya mengkonsumsi ikan harus diberikan mulai dari dalam kandungan. Sehingga ibu hamil, menyusui maupun anak wajib untuk konsumsi ikan untuk mencegah stunting .
    Menurutnya yang paling mudah mengajarkan anak makan ikan adalah saat mereka belum bisa memilih makanan.
    “Saat itu kita mengajarkan cita rasanya ikan maka anak akan terbiasa makan ikan," ujarnya.
    Ia menambahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Pemerintah Kota Denpasar bersama Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) juga telah memberikan himbauan agar HARKANNAS dijadikan momentum untuk mengajak seluruh masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Sehingga peringatan HARKANNAS tahun ini di kota Denpasar akan lebih meriah.
    Ketua HIMPAUDI Kota Denpasar AL Ismurtono Santoso  mengatakan kegiatan HARKANNAS di Kota Denpasar telah terkoordinasi dengan OPD terkait dan di dukung penuh oleh Bunda Paud sekaligus  Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar. Sedangkan untuk mengajak anak untuk gemar makan ikan sudah didengungkan di Kota Denpasar dari dua tahun lalu. 
    “Ini artinya Kota Denpasar lebih awal menerapkan dari pada Kementerian," ungkapnya.
    Berkomitmen meningkatkan kesehatan masyarakat Pemerintah Kota Denpasar juga punya program memberikan makan tambahan kepada balita maupun ibu hamil. Oleh karena itu kegiatan seperti ini harus dipertahankan dan dapat ditiru oleh daerah lainnya. 

    Penulis : Humas Denpasar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Selly Mantra Berdongeng Ajak Anak Makan Ikan



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV