News

Gunung Agung Kembali Erupsi, Wilayah Datah Diguyur Hujan Abu Tipis

Selasa, 30 April 2019 | 07:26 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Di penghujung bulan April, Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali kembali erupsi. Erupsi kali ini terjadi pada pukul 05.34 wita dengan ketinggian kolom abu mencapai 1.000 meter di atas Puncak kawah.

Pilihan Redaksi

  • Banyak Spekulasi Volume Kawah Gunung Agung, Kepala PVMBG Beberkan Fakta
  • Pasca Erupsi, Kepala PVMBG Beri Penjelasan Alasan Status Gunung Agung Masih Tetap
  • BPBD Bali : Lokasi Rekapitulasi Pemilu Tak Perlu Dipindahkan Pasca Erupsi Gunung Agung
  •  
    Berdasarkan rilis yang dikeluarkan PVMBG, disebutkan, erupsi kali ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm berdurasi kurang lebih 2 menit 15 detik. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong mengarah ke arah timur.
     
    Meski terjadi erupsi, situasi warga yang berada di lereng Gunung Agung tetap tenang tidak sampai terjadi kepanikan seperti yang terjadi ketika erupsi sebelummya dengan lontaran lava pijar hingga sejauh 3 kilometer dari kawah puncak.
     
    "Ya kebanyakan tidak tahu ada erupsi, tidak seperti sebelumnya suara ledakan dan getaran keras sekali terdengar," kata Budiana salah seorang warga di KRB II.
     
    Sementara itu, pasca erupsi yang terjadi, Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa menjelaskan terkait wilayah yang terpapar hujan abu untuk sementara dari laporan yang diterima terjadi hujan abu tipis di wilayah Datah, Abang, Karangasem. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Gunung Agung Erupsi



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV