Informasi

Pengenalan Seni Arahkan Emosi Anak ke Hal Positif

Sabtu, 04 Mei 2019 | 19:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Seni sangat penting dikenalkan pada anak-anak. Selain mengajarkan kreativitas pada anak-anak seni juga akan menggali bakat mereka.

Pilihan Redaksi

  • Teater Recycling Ajak Masyarakat Daur Ulang Sampah Agar Punya Nilai Ekonomi dan Seni
  • Fenomena Tukang Suun Anak di Pasar Badung, Bentuk Eksploitasi Orang Tua Terhadap Anak
  • Klungkung Libatkan Penyandang Disabilitas Lestarikan Seni-Budaya Melalui Lomba Utsawa Dharma Gita
  •  
    Pengenalan seni menjadi cara mengarahkan emosi anak ke hal positif. Sehingga kenakalan remaja seperti tawuran bisa berkurang. Anak-anak juga diharapkan selalu menggali potensi seni yang dimiliki. Selain itu, pemantauan juga penting dilakukan orang tua agar tumbuh kembang anak optimal. 
     
    Hal itu disampaikan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster saat menjadi keynote speaker pada kegiatan seminar dengan tema 
    "Pentingnya Pengenalan Seni Pada Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak" di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Sabtu (4/5) pagi.
     
    "Seminar seni penting diberikan, mengingat seni berperan penting dalam membentuk karakter anak bila diperkenalkan sejak dini. Pengenalan seni juga sudah di ketahui sebagai penyeimbang pertumbuhan dan perkembangan otak kanan dan kiri," ujar Ny. Putri Koster.
     
    Ditambahkan Ny. Putri Koster, masa anak-anak adalah masa dimana perkembangan otak berjalan sangat efektif. Pada masa ini anak akan dikenalkan pada banyak hal yang akhirnya menimbulkan rasa ingin tahu yang kadang berlebihan. Di masa ini pula bakat serta potensi akademis dan non akademis dari anak bermunculan dan sangat potensial untuk disalurkan ke berbagai bidang pendidikan, salah satunya pendidikan seni usia dini.
     
    "Seperti kita ketahui, jaman sekarang anak lebih sering bermain gadget. Padahal itu tidak bagus bagi tumbuh kembang anak, peran orang tua sangat penting untuk mengawasi hal ini mengingat banyak konten negatif bisa d

    Pilihan Redaksi

  • Era Pendidikan 4.0, Para Guru Diperkenalkan Pembelajaran Berbasis STEAM
  • Limbah Medis di Areal Subak Abang Ternyata Sudah Bertahun-Tahun Ditemukan Petani
  • Ubud Royal Week End Diharapkan Memunculkan Pengusaha Muda yang Kreatif
  • itemui oleh anak-anak melalui gadget tersebut. Orang tua harus aktif mengajarkan kepada sang anak untuk kegiatan atau aktivitas yang positif, seperti halnya yang dilakukan oleh Bali Kumara dengan memperkenalkan seni kepada anak-anak. Baik seni musik, menari maupun seni lainnya, ini sangat bagus buat anak," ujarnya.
     
    Lebih lanjut dikatakan Ny. Putri Koster, melalui pendidikan seni usia dini, anak-anak yang diberikan kesempatan untuk belajar dan terlibat dalam seni tidak hanya memperoleh pengetahuan dan pemahaman akan seni, tapi juga manfaat di bidang bahasa, keterampilan, kesiapan prasekolah, apresiasi musik, percaya diri dan pemahaman akan dirinya sendiri. 
     
    "Lewat pengenalan seni sejak usia dini, kita berharap tumbuh kembang anak bisa optimal. Tak hanya itu, hal ini kita harapakan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak," imbuhnya.
     
    Pada kesempatan tersebut, Ny. Putri Suastini Koster Berkesempatan menyumbangkan sebuah Puisi berjudul Ujung Pengembaraan Sampan Tua karya Dhenok Kristianti. (bbn/humasbali/rob)

    Penulis : Humas Provinsi Bali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : PAUD Tawuran Gedung Sewaka Dharma Lumintang Koster Bali Kumara



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV