News

Arak Bali Susah Go Internasional (1): Bahan Dasar Tidak Konsisten

Senin, 13 Mei 2019 | 12:18 WITA

beritabali.com/ngurah udayana foto

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pulau Bali memiliki minuman beralkohol yang sering disebut dengan Arak Bali. Meski sudah dibuat sejak lama secara turun temurun, namun Arak Bali susah berkembang agar bisa sejajar dengan minuman alkohol mancanegara seperti sake Jepang atau tequila Meksiko. Apa saja kendalanya?

Pilihan Redaksi

  • Arak Bali Susah Go Internasional (2): Arak Karangasem dan Singaraja Terkenal Enak
  • Eleminasi Malaria Tingkat Provinsi Ditarget Paling Lambat 2020
  • 3 Penyelenggara Pemilu Meninggal di Bali, Bawaslu Beri Santunan Rp36 Juta Per Orang
  •  
    "Arak Bali ini susah go internasional, salah satu sebabnya karena tidak konsisten di bahan dasar," ujar Ngurah Udayana, salah satu bartender kelas dunia asal Bali, saat ditemui Beritabali.com di kawasan Sanur, Denpasar, belum lama ini.
     
    Pria yang saat ini bekerja di sebuah pabrik minuman beralkohol di Denpasar Bali ini mengatakan, secara aturan, minuman arak tergolong dalam akholol golongan C yang telah melalui proses fermentasi dan destilasi.
     
    "Arak di Bali ini susah untuk berkembang hingga bisa diakui di tingkat dunia karena bahan dasar

    Pilihan Redaksi

  • Waspadai Virus Cacar Monyet Sebelum Memutuskan Pergi ke Singapura
  • Badung Sediakan Hadiah Rp. 152,5 Juta Bagi Pemenang Lomba Inovasi
  • Alyssa Milano Serukan Mogok Seks
  • FORKI Badung Targetkan Juara Umum Porprov Cabang Karate
  • yang tidak konsisten. Seperti kita ketahui, bahan dasar pembuatan arak di Bali selaam ini dari pohon "ental" (Siwalan, juga dikenal dengan nama pohon lontar atau tal), "jaka" (enau/aren), kelapa, beras atau ketan. Kalau diolah dengan proses fermentasi dan desilasi akan menjadi arak," jelasnya.
     
    Karena kendala bahan dasar yang tidak konsisten ini, arak Bali susah untuk bisa diakui dan masuk dalam jajaran minuman alkohol "spirit" yang diakui dunia, seperti Whisky, Vodka, Rum, Brandy, atau Tequila.
     
    "Ada wacana arak akan menjadi minuman alkohol "spirit" ke 7 yang ada di dunia, tapi hingga kini tidak terwujud karena kendala bahan dasar arak Bali yang tidak konsisten itu, tidak seperti minuman lain yang sudah diakui dunia seperti vodka yang dikenal dengan netral spirit, whisky dengan barleynya, brandy dengan bahan dasar anggur, atau tequila dengan bahan dasar agave,"ujar pria yang pernah menjadi juara di kompetisi bartender internasional di Dubai dan tingkat Asia ini. [bbn/psk]

    Penulis : putu setiawan kondra

    Editor : Putra Setiawan


    TAGS : Arak Bali Bali



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV