Akademika

Lotion Anti Nyamuk Berbahan Serai Karya Siswi Denpasar Raih Perunggu di Ajang IYIA

Minggu, 13 Oktober 2019 | 09:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, .
Lotion Antinyamuk berbahan serai dan rosemary karya 2 siswi SMAN 2 Denpasar Berhasil meraih bronze medal (medali perunggu) dalam ajang International Young Investors Award (IYIA) 2019  yang digelar di Jakarta pada 9-12 Oktober 2019. 

Pilihan Redaksi

  • Hotman Paris Motivasi Mahasiswa Lihat Peluang di Luar Daerah Hingga Internasional
  • Isi Libur Sekolah, Ratusan Siswa Sekolah Kunjungi Tukad Bindu
  • WISH Festival Ajang Mempertemukan Pemburu dan Lembaga Penyedia Beasiswa
  • Kedua siswa SMAN 2 Denpasar tersebut yakni Ni Made Astri Purni Nariswari dan Ni Putu Jasmin Angelina Savitri. Dalam ajang IYIA 2019, kedua siswi SMAN 2 Denpasar tersebut harus bersaing dengan peserta dari 16 negara. Negara-negara yang terlibat diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Korea, Sri Lanka, USA, Mesir, Polandia, India, Jepang, Moroco, Saudi Arabia, China, Kanada, dan Kroasia.
    Menurut Ni Made Astri Purni Nariswari, ide awal pemanfaatan serai dan rosemary sebagai bahan lotion antinyamuk yaitu ancaman penyakit yang disebarkan nyamuk akibat virus yang dibawa. Nyamuk dapat dicegah salah satunya dengan menggunakan lotion anti nyamuk dari Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan serai (Cymbopogo citratus) dan rosemary (Rosmarinus officinalis)  dalam mencegah gigitan nyamuk pada manusia.

    Pilihan Redaksi

  • Tim Densus 88 Amankan Istri Terduga Teroris, Rumah Kos Tidak Terpasang Garis Polisi
  • Kos di Jalan Sedap Malam, Terduga Teroris Dikenal Ramah dan Pengrajin Lampu
  • Putri Koster Berupaya Setarakan Hak Seniman Modern dan Tradisi
  • rfiles/images/452f561f-5739-4ec0-aaf4-69c2c1751e94.jpg" style=" width:400px" />
    Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental, yaitu menguji kemampuan lotion dalam mengindari gigitan nyamuk secara langsung. Hasilnya, lotion dari serai dan rosemary dapat mencegah gigitan nyamuk. Eksperimen itu membuktikan bahwa serai dan rosemary dapat mencegah gigitan nyamuk pada manusia yang dapat membawa penyakit.
    "Terdapat banyak orang yang masih asing dengan serai dan rosemary, terdapat beberapa orang kurang suka dengan bau yg dihasilkan. Maka dari itu kedepannya kami akan memvariasikannya dengan tanaman lain dengan bau yang tak kalah harum dari produk lotion antinyamuk lain" ujar Astri saat dikonfirmasi pada Sabtu (13/10).
    Astri mengakui variasi bau kini menjadi tantangan pengembangan kedepan, harapannya nantinya lotion antinyamuk berbahan serai dan rosmarey disukai oleh kalangan muda. Khusus kalangan umur 20 tahun keatas sangat menyukai bau serai dan rosemary.

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Lotion Anti Nyamuk Siswi Denpasar Medali Perunggu IYIA



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV