News

Mengangkat Derajat Arak Bali (1): Peluang Arak untuk Menjadi Spirit Ketujuh

Selasa, 14 Mei 2019 | 16:00 WITA

Ketut Dharmayasa Menunjukkan produk arak olahannya yang dipasarkan di salah satu hotel

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Dengan potensi Bali sebagai destinasi wisatawan mancanegara, peluang arak sebagai produk minuman lokal bisa dikenal dunia, bahkan bisa menjadi spirit ketujuh.

Pilihan Redaksi

  • Arak Bali Susah Go Internasional (3): Pembuat Arak Harus Duduk Bersama
  • Arak Bali Susah Go Internasional (2): Arak Karangasem dan Singaraja Terkenal Enak
  • Arak Bali Susah Go Internasional (1): Bahan Dasar Tidak Konsisten
  •  
    "Di dunia sekarang ada 6 spirit yaitu, wisky, vodka, rum, gin, brandy, dan tequila. Kenapa Bali yang merupakan destinasi dunia tidak memiliki maskot minuman ?" ungkap Ketua IFBEC (Indonesian Food and Beverage Executive Club) Ketut Dharmayasa, Selasa (14/5) di Denpasar.
     
    Lebih lanjut, dijelaskan terdapat 6 juta wisatawan yang datang ke Bali per tahunnya. Selain itu ada 24.000 wisatawan yang datang ke Bali per harinya. Jika mereka membawa oleh-oleh arak satu botol ke negaranya, maka potensi arak Bali bisa terjual sebanyak 24.000 botol. 
     
    Sebagai data perbandingan lainnya, disebutkan jika hotel di Bali yang jumlah kamarnya mencapai 130.000 kamar, menggunakan arak sebagai bahan dasar membuat cocktail, maka permintaan arak semakin meningkat.
     
    Jumlah ini belum termasuk kebutuhan arak untuk upacara agama serta arak untuk jamuan adat di Bali. Bahkan, juga untuk dijual ke t

    Pilihan Redaksi

  • Arak Bali Susah Go Internasional (5): Perusda Bali Nego Legalisasi Arak Bali
  • Arak Bali Susah Go Internasional (4): Produksi dan Peredaran Terkendala Regulasi
  • Koster Berharap Penggunaan Produk Lokal Tekan Angka Inflasi
  • oko retail atau toko modern dan toko konvensional. Jika didata kebutuhan arak di Bali, maka sangat besar potensi arak Bali untuk berkembang. 
     
    Dengan melihat peluang pasar itu, maka ia yakin arak Bali akan semakin Berjaya di daerahnya sendiri. Arak Bali bisa masuk hotel dan restoran dengan bekerja sama dengan PHRI. Hotel dan restoran di Bali agar diwajibkan menggunakan produk beralkohol lokal yaitu arak yang memiliki standar kualitas yang baik. Toh juga dari segi rasa dikatakan tidak kalah dengan minuman beralkohol dari luar negeri. 
     
    Dengan demikian petani arak tradisional ini akan sejahtera. Dengan adanya Pergub 99 Tahun 2018 ia berharap arak menjadi kearifan lokal yang masuk dalam pergub itu.
     
    "Yang diperlukan kedepan dalam pengembangan arak ini adalah adanya lembaga atau laboratorium untuk menguji kualitas dan kelayakan arak yang dihasilkan petani Bali," pungkas salah satu Founder dan Inisiator Balabec (Bali Local Alcoholic Beverage Contro) ini. (bbn/rob)

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Arak Bali Spirit Ketujuh Dunia



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV