Kesehatan

Tak Hanya Wanita, Pria Juga Wajib Jaga Kesehatan Kulit Wajah Dengan 4 Langkah

Rabu, 22 Mei 2019 | 14:00 WITA

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Memiliki wajah yang sehat dan terawat merupakan impian setiap orang. Untuk memiliki kulit wajah yang sehat diperlukan perawatan yang tepat. Cara merawat wajah pria dengan wanita tentu berbeda. 

Pilihan Redaksi

  • Vape, Pengurangan Risiko Tembakau, dan Solusi Masalah Rokok di Bali
  • Perokok Meningkat, Kualitas Udara Bali Termasuk Buruk
  • Ketua TP PKK Bali Minta Warga Jaga Kelestarian Lingkungan Mulai dari Rumah Tangga
  •  
    Lazimnya, kulit pria cenderung lebih berminyak dari wanita. Hal ini disebabkan oleh jumlah hormon testosteron yang lebih banyak. Karena itu, para pria harus lebih cermat dalam merawat kulit wajah agar kondisi wajah berminyak tidak mudah memicu timbulnya jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya, Pria biasanya lebih banyak beraktivitas, terlebih di bawah terik matahari. 
     
    Mayoritas dari mereka menganggap hal itu wajar, padahal jangka panjangnya dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Maka dari itu, pria wajib merawat kulit agar tetap sehat mulai sejak remaja. 
     
    Menurut dr. Desak Ika Apriyanti, S.Ked, M.Biomed AAM berikut beberapa langkah mudah untuk menjaga kesehatan kulit wajah pada pria:
     
    1. Membersihkan dan melembabkan wajah
     
    Kaum pria perlu melakukan perawatan wajah dasar seperti membersihkan dan melembabkan wajah. Setiap hari, kulit wajah sering terkena polusi, termasuk dari asap rokok. Oleh sebab itu diperlukan Facial wash untuk membersihkan wajah, dan gunakan Face Toner untuk memaksimalkan cleanser pada kulit. Hindari kebiasaan mencuci muka dengan sabun mandi karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi tambah kering. Jangan lupa selalu aplikasikan pelembab setelah mencuci muka.
     
     
    2. Selalu pakai Sunscreen
     
    Hal lain yang pria cenderung abaikan adalah tabir surya atau sunscreen. Padahal penggunaan sunscreen sangat penting karena sinar matahari dapat merusak warna dan tekstur kulit. Untuk menghindari rasa malas karena efek lengket dari tabir surya, pilih produk yang mudah meresap. Jangan lupa untuk memakai tabir surya dengan kadar SPF minimal 30.
     
    3. Eksfoliasi rutin
     
    Cara merawat wajah pria selanjutnya adalah dengan eksfoliasi secara rutin. Setelah melakukan rutinitas cuci muka, toning, dan moisturizing, sesekali luangkanlah waktu untuk melakukan eksfoliasi atau scrub pada wajah. Fungsi dari

    Pilihan Redaksi

  • 3 Kuliner Khas Bali Murah Meriah
  • Tas Rotan Lokal Jadi Tren Fashion Internasional
  • Berburu Baju Bekas di Kota Denpasar
  • eksfoliasi ini sendiri untuk mengangkat sel kulit mati serta membuang kotoran yang menyumbat kulit.
     
    Selain itu, hal ini bisa menghaluskan folikel kulit yang akan memudahkanmu saat bercukur. Atau bisa juga untuk melakukan treatment wajah di dokter setidaknya 1–3 bulan sekali.
     
    4. Konsumsi makanan-makanan sehat
     
    Selain perawatan dari luar seperti yang telah dibahas sebelumnya, penting juga untuk menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Kamu bisa kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan mulai banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.
     
    Nah, Itulah cara merawat wajah pria yang cukup mendasar untuk mendapatkan penampilan terbaik. Jangan lupa, sebelum menggunakan produk wajah lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli kulit agar mendapatkan hasil yang maksimal. (bbn/unud/rob)

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Merawat Kulit Wajah Pria



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV