News

Polda NTB Gandeng Pecalang Amankan Mudik

Jumat, 31 Mei 2019 | 21:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, .
  Pengamanan mudik Lebaran tahun 2019 oleh Polda NTB melibatkan banyak komponen. Selain bersinergi dengan TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas, Sat Pol PP, dan  Damkar, juga menggandeng 'polisi' tradisional Bali alias pecalang. 

Pilihan Redaksi

  • Tim SAR Lakukan Patroli Laut Antisipasi Kecelakaan di Laut Saat Mudik
  • Mengantuk, Tabrakan Antar Truk Terjadi di Jalur Mudik
  • Polda NTB Gandeng Mahasiswa Mudik Bareng
  •  
    Para pecalang berasal dari berbagai kampung Bali di Lombok, dan ikut mengamankan wilayah setempat saat perayaan Idul Fitri. Para pecalang di Lombok ikut dalam Operasi Ketupat Gatarin 2019 yang digelar selama 13 hari, hingga tanggal 10 Juni 2019. Dukungan swadaya dan swakarsa masyarakat ini mendapat apresiasi dari Polda. 
     
    "Gangguan Kantibmas tidak hanya berupa teror, ditujukan kepada personel dan institusi Polri, tapi kejahatan intoleransi dan kekerasan. Sweeping oleh ormas-ormas dan sebagainya," jelas Wakapolda NTB, Brigjen Pol H Tajuddin, di sela acara silahturahmi dengan para wartawan, Jumat (31/5). 
     
    Khusus operasi Ketupat Gatarin 2019, Polda NTB menerjunkan 327 personel. Polres jajaran Polda NTB 1.286 personel, 22 pos pengamanan, dan 14 pos

    Pilihan Redaksi

  • Kerap Erupsi, Warga di Luar Perkiraan Zona Bahaya Gunung Agung Masih Tergolong Aman
  • Jaksa Tuntut 2 Ibu Rumah Tangga Pengedar Ratusan Butir Ekstasi 15 Tahun Bui
  • Oknum Jaksa di Gianyar Selingkuh dan Terlantarkan Anak Ditetapkan Sebagai Tersangka
  • pelayanan tersebar di seluruh wilayah NTB. 
     
     
    Sementara itu acara silahturahmi dengan para pimpinan dan perusahaan media, serta insan pers ini, Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sujana bercerita tentang 'simbiosis  mutualisme'. Bahwa antara media dan Polri terjadi kerjasama untuk menciptakan suasana kondusif bagi masyarakat. 
     
    "Simbiosis mutualisme di sini adalah positif untuk masyarakat. Peran media sangat penting, agar merasa aman," kata Nana Sudjana, yang baru saja mendapatkan kenaikan pangkat, dari Brigjen menjadi Irjen. 
     
    Kapolda Nana Sudjana menjadi salah satu dari 17 perwira tinggi (Pati) yang mendapat kenaikan pangkat dari Kapolri beberapa hari lalu. (bbn/lom/rob)

    Penulis : Ni Luh Sulastri

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Polda NTB Pecalang Mudik



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV