Ekbis

Plastik Pasca Konsumsi Masih Punya Nilai Bisnis

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 12:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Triyono Prijosoesilo, Public Affairs and Communications Director Coca-Cola Indonesia mengatakan bahwa kemasan plastik pasca konsumsi dapat    ‘dimanfaatkan     kembali’ atau menyulapnya agar memiliki nilai bisnis sehingga dapat tercipta sebuah ekonomi sirkular yang berkelanjutan.

Pilihan Redaksi

  • Tabanan Dapat Mesin Pencacah Plastik dan Dozer Senilai Rp4 Miliar
  • Bupati Giri Prasta Ajak Masyarakat Melihat Sampah Sebagai Berkah dan Rupiah
  • Coca-Cola Amatil Indonesia Dukung Gerakan Pengolahan Sampah yang Komprehensif
  • "Mungkin sirkular ekonomi tersebut bisa menjadi salah satu opsi yang dapat diambil oleh Pemerintah atau masyarakat untuk bagaimana mengolah sampah plastik tersebut nantinya," jelasnya di Sanur, Jumat (18/10/2019).
    Selain itu, Coca Cola sendiri memiliki komitmen besar agar bagaimana dapat mengelola sampah plastik kemasan pakai untuk dapat diolah kembali. Entah itu menjadi produk jadi lagi atau produk-produk lainnya. "Itu yang kami lihat sangat perlu dilakukan mulai saat ini," ujarnya.
    Terkait dengan hal tersebut, Coca-Cola Indonesia dalam memberi pemahaman baru melalui "Plastic Reborn 1.0", Coca-Cola telah berhasil mengedukasi lebih dari 4.300 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga memfasilitasi pengumpulan kemasan plastik pasca konsumsi di lebih dari 100 titik sekolah dan Universitas di kawasan Jakarta dan Bekasi yang kemudian telah dikelola dan diproses menjadi tas serbaguna bernilai komersial.    
    "Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dari Coca Cola, pada tahun 2019 ini Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama Ancora Foundation telah meluncurkan ‘Plastic Reborn 2.0’ yaitu sebuah lanjutan dari program kolaborasi yang menggandeng startup di bidang pengolahan sampah untuk membangun “marketplace” agar mendorong terbangunnya ekosistem ekonomi sirkular," paparnya.
    Hal ini yang menjadi kerangka utama dari ‘Plastic Reborn 2.0’– sebuah program kolaborasi dari para Startup penggiat sampah yang akan bersinergi untuk membangun “marketplace” yang lebih efisien untuk sistem persampahan dan daur ulang.
    "Plasctic Reborn 2.0’ berorientasi pada penggunaan teknologi, dengan pendekatan unik akselerasi bisnis berbasis kemasan plastik pasca konsumsi," tutupnya.   

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Coca Cola Plastic Reborn Plastik Pasca Konsumsi



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV