News

Base Loloan, Perpaduan Bahasa Bali, Melayu dan Bugis

Senin, 03 Juni 2019 | 06:40 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Beritabali.com, Jembrana. Base Loloan merupakan bahasa yang umum digunakan oleh warga Kelurahan Loloan, Kecamatan Negara, Jembrana. Base Loloan atau bahasa Melayu Loloan merupakan hasil perpaduan dari 3 bahasa yakni bahasa Bali, Melayu dan Bugis.

Pilihan Redaksi

  • Pohon Beringin Pura Griya Sunia Taman Sari, Abianbase Terbakar
  • H-3 Lebaran, Situasi Dermaga Padangbai Lancar
  • Aksi Anak-Anak Penyelam Rebutan Uang Jadi Tontonan Pemudik di Dermaga Padangbai
  • Hal tersebut terungkap dalam sebuah artikel ilmiah berjudul “Pemertahanan Identitas Etnik Bugis-Melayu Di Kelurahan Loloan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah di MA” yang dipublikasikan dalam Jurnal Pendidikan Sejarah (Widya Winataya), Volume 8, Nomor 2 Tahun 2017. Artikel ditulis oleh Nurus Maulida, Dr. Tuty Maryati, M.Pd, dan Ketut Sedana Arta, S.Pd, M.Pd dari Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Pendidikan Ganesha.
    Nurus Maulida dan kawan-kawan menuliskan penggunaan bahasa Bugis dalam bahasa melayu Loloan kini sudah hampir tidak digunakan. Hal ini dikarenakan kebanyakan para pendakwah menggunakan bahasa pengantar yakni bahasa Melayu.
    Selain bahasa Melayu, banyak kata serapan bahasa Bali yang digunakan, melihat bahwa sebelum perkembangan Islam di Jembrana banyak masyarakat Jembrana yang masih memeluk agama Hindu. Guna mempermudah percakapan sehari-hari dengan masyarakat Hindu,

    Pilihan Redaksi

  • Bangunan Bale Warga Abiansemal Terbakar, Kerugian Diperkirakan Rp100 Juta
  • Snack Bouquet, Bisnis Unik di Era-Milenial
  • Cafe 9, Cikal Bakal Wisata Kuliner Pantai Jimbaran
  • digunakan pula bahasa Bali yang dipadupadankan dengan bahasa Melayu.
    Bahasa Melayu Loloan tetap digunakan hingga sekarang sebagai bahasa sehari-hari masyarakat Loloan, Base Loloan ini juga tersebar tidak hanya di Loloan saja namun hampir di seluruh desa di Kabupaten Jembrana dan lain sebagainya.
    Kelurahan Loloan, Kabupaten Jembrana merupakan pemukiman Islam yang telah ada di Pulau Bali sejak lama. Wilayah ini sejak lama juga menjadi tujuan migrasi orang-orang pelarian suku Mandar maupun Bugis.
    Berbagai etnis hidup dan berkembang di Loloan ini, meskipun mayoritas penduduknya beragama Hindu. Masing-masing etnis tersebut membawa ciri khas daerahnya yang nantinya berbaur menjadi suatu identitas tersendiri bagi masyarakat keturunan Bugis-Melayu ini.[bbn/ Widya Winataya/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Nengah Muliarta


    TAGS : Base Loloan Perpaduan Bahasa Bali Melayu Bugis Jembrana



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV