Kesehatan

Beras Hitam, Beras Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Selasa, 04 Juni 2019 | 08:05 WITA

beritabali.com/alamtani.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Beritabali.com, Gianyar. Beras hitam yang memiliki nama ilmiah Oryza Sativa L. indica merupakan salah satu jenis beras yang masih satu varietas dengan beras putih dan beras merah. Beras hitam memang lebih jarang dikonsumsi daripada beras putih, namun ternyata beras hitam memiliki banyak manfaat.

Pilihan Redaksi

  • Pasar Payuk, Awal Mula Masuknya Islam di Dusun Wanasari Denpasar
  • Ratusan Polisi Amankan Perumahan, Sentra Keramaian dan Pertokoan Emas
  • Satgas Turbinjali Polres Klungkung Patroli ke Daerah Rawan Kriminalitas dan Kemacetan
  • Menurut ahli gizi Ida Ayu Adhitya Prajadianti, A.Md.Gz (25), beras hitam merupakan beras yang memiliki kadar antioksidan yang paling tinggi diantara kedua jenis beras lainnya. "Beras hitam dominan memiliki kandungan karbohidrat dan antioksidan, dan antioksidan beras hitam ini lebih tinggi ketimbang beras merah dan beras putih, jadi sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan hati" kata Prajadianti pada Jumat (31/05) lalu saat ditemui di Rumah Sakit Umum Ganesha, Gianyar.
    Selain antioksidan, terdapat juga kandungan vitamin penting di dalamnya seperti vitamin E, B1, B2, B3, B6, zinc, magnesium, dan fosfor. Kandungan magnesium dalam beras hitam mampu memerangi sindrom 3L (Lemah, Letih, Lesu) Sedangkan kandungan fosfor membantu pembentukan tulang dan gigi, dan kandungan zincnya mampu memperkuat sistem imun tubuh. Beras hitam merupakan beras yang rendah kolesterol sehingga mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah.
    Prajadianti menjelaskan bahwa beras hitam sangat baik bagi penderita diabetes dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena memiliki serat yang tinggi serta indeks glikemik yang paling rendah diantara kedua jenis beras lainnya yaitu 42,3. Sedangkan beras merah memiliki indeks glikemik 50 dan beras putih memiliki indeks glikemik 89.
    "Untuk yang diet, beras hitam ini beras yang paling cocok untuk dikonsumsi karena kandungan serat yang tinggi dan juga kemampuannya untuk membuat perut kenyang lebih lama dengan kandungan kalori yang rendah" ujar Prajadianti.[bbn/unud/mul]

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Nengah Muliarta


    TAGS : Beras Hitam Manfaat Kesehatan Diabetes Antioksidan



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV