News

Diduga Korsleting, 11 Moge Senilai Rp3 M Hangus Terbakar di Tabanan

Sabtu, 08 Juni 2019 | 06:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Sebanyak 11 unit motor sport dan satu vespa milik I Gusti Agus Yuda Tresna Pramana (28) hangus terbakar di garasi rumahnya Jalan Kenanga Nomor 11, Banjar Tegal Belodan, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan pada Jumat (7/6) dini hari.

Pilihan Redaksi

  • Bangunan Bale Warga Abiansemal Terbakar, Kerugian Diperkirakan Rp100 Juta
  • Polisi Amankan Bensin dan Ban Motor dari Aksi Demo Mahasiswa
  • Motor Terseret Ratusan Meter, Kusumawati Lemas dan Gemetar
  •  
    Kebakaran hanguskan puluhan motor diduga karena korsleting kelistrikan salah satu motor sport. Akibat peristiwa itu korban diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 2-3 miliar. 
     
    Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.30 Wita. Bermula dari orang tua korban Ida Ayu Ketut Sarwati mendadak bangun dari tidur karena mendengar suara ledakan cukup keras. Saat bangun itu salah satu sepeda motor Honda CRF 250 CC yang ada di garasi bagian selatan terbakar. 
     
    Dalam keadaan panik Ketut Sarwati berteriak meminta tolong dan membangunkan suaminya I Gusti Nyoman Sudiarta dan anaknya selaku korban I Gusti Agus Yuda Tresna Premana. Dini hari itu mereka berusaha memadamkan api menyiram menggunakan ember. 
     
    Namun celaka saat disiram tersebut, percikan api menyambar ke sepeda motor yang di sebelahnya. Yang menyebabkan api merambat dan membesar. Karena kobaran api cukup besar, sulit dipadamkan gunakan alat manual. Tak lama kemudian datang tiga unit mobil pemadam kebakaran memadamkan api tersebut. Kobaran api hingga menghanguskan atap garase dan 12 motor berbagai jenis itu baru bisa dipadamkan selama satu jam. 
     
    Akibat kebakaran dahsyat tersebut, 12 motor berbagai jenis hangus. Diantaranya 3 unit Sepeda motor merk honda CBR 600 CC, 1 unit sepeda motor merk honda CBR 1000 CC, 2 unit sepeda motor merk Ducati Multi Strada, 2 unit Sepeda Motor merk KTM  500 CC, 1 unit sepeda motor merk Harley Davidson 1450 CC, 1 unit sepeda motor Kawasaki Ninja 1000 CC, 1 unit Vespa tahun 2018, dan 1 unit sepeda motor merk Honda CRF 250 CC tak bisa diselamatkan. 
      
    Kasubag Humas Polres Tabanan Iptu I Made Budiarta mengatakan sesuai dengan olah lokasi kejadian kebakaran diduga karena korsleting kelistrikan sepeda motor Honda CRF 250 CC. Saat kebakaran sepeda motor yang menjadi pemicu kebakaran ada di tengah-tengah atau baris kelima dari barat. "Api pertama kali dilihat dari sepeda motor Honda CRF 250 CC," ujarnya. 
     
    Dikatakan belum ditemukanya hal-hal yang mencurigakan mengarah kebakaran yang disengaja. "Belum ada indikasi mengarah kalau kebakaran di sengaja sesuai olah TKP, karena biasa motor sport diakui korban rentan korsleting kelistrikan. Dan saat dipadamkan harus menggunakan air yang tekanan besar agar tak merembet," tegasnya. 
     
    Dengan kejadian itu korban sebagai pengoleksi motor sekaligus juga

    Pilihan Redaksi

  • Pimpinan DPD Golkar Bali Beberkan Alasan Pemberhentian Ketua DPD di 6 Kabupaten
  • Tergusur "Shortcut", Warga Dapat Rumah, Sanggah Baru dan Ganti Rugi Miliaran Rupiah
  • Tim Gabungan Pemkot Denpasar Gelar Sidak di Pelabuhan Benoa
  • menjual motor sport ini mengalami kerugian diperkirakan Rp 2 hingga Rp 3 miliar. "Korban juga tidak melaporkan kejadian tersebut dan menerima kejadian sebagai musibah," tandas Iptu Budiarta. 
     
    Pantuan di lokasi kejadian, beberapa masih melihat lokasi kebakaran. Hanya saja pemilik enggan untuk diwawancara. Mereka mengaku jika diwawancara dikhawatirkan mengganggu relasi mereka. "Maaf kami tidak mau diwawancara, agar tidak menganggu relasi kami," akunya.
     
    Sementara yang diduga orang tua korban di lokasi kejadian terlihat di lengan kiri ada balutan perban. Kemungkinan saat evakuasi terkena letupan api. Sedangkan garase tempat belasan motor sport dan vespa yang sudah tinggal kerangka itu ditutup menggunakan spanduk. 
     
    Di sisi lain, diduga sejumlah motor sport tersebut bodong. Menanggapi hal itu Kapolsek Tabanan Kompol I Wayan Nuriata masih akan dicek. "Belum tahu itu, masih kita cek," tegasnya. (bbn/tab/rob)

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Moge Terbakar Kerugian Miliaran Tabanan Polres Tabanan Kebakaran



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV