News

Rentetan Gempa Tektonik Tandai Suplai Magma Baru Gunung Agung

Kamis, 13 Juni 2019 | 07:23 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Empat Kali Gempa Tektonik berkekuatan lebih dari tiga skala richter mengguncang wilayah timur laur Karangasem sepanjang Rabu (12/06/2019) rupanya berpengaruh cukup signifikan terhadap aktifitas vulkanik Gunung Agung.

Pilihan Redaksi

  • Warga di Lereng Gunung Agung Dikejutkan Dua Kali Gempa
  • Gunung Agung Erupsi Pukul 12.12 Wita, Tinggi Kolom Abu Capai 1.000 Meter
  • Gunung Agung Erupsi, Warga Lereng Gunung Tak Rasakan Getaran
  •  
    Seperti yang dijelaskan oleh Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Dr. Devy Kamil Syahbana bahwa rentetan gempa yang terjadi sepanjang hari ini di utara Gunung Agung ada kaitannya dengan suplai magma baru dari kedalaman.
     
    "Ya rentetan gempa yang terjadi hari ini berkaitan dengan suplai magma Gunung Agung," ujarnya.
     
    Suplai magma baru ini juga terkonfirmasi oleh instrumen GPS sebagai fase penggembungan badan gunung atau disebut juga proses inflasi yang diakibatkan oleh adanya penambahan jumlah magma diperut Gunung Agung
     
    Meski demikian menurut Devy Kamil Syahbana, untuk proses naiknya magma dari dalam perut Gunung menuju ke permukaan tentunya memerlukan waktu bisa sampai berminggu-minggu atau hanya perlu waktu beberapa hari saja setelah kemunculan gempa tektonik lokal di wilayah utara seperti pada bulan Juni tahun 2018 lalu.
     
    Untuk itu, potensi untuk terjadinya erupsi masih ada, meskipun saat ini belum signifikan. Suplai magma bisa jadi keluar dalam bentuk letusan-letusan diskrit dengan lontaran lava pijar seperti yang terjadi beberapa waktu lalu atau bisa juga dengan efusi lava di dalam kawah. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Gunung Agung Suplai Magma Rentetan Gempa



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV