Informasi

Denpasar Jadi Proyek Percontohan Penerapan Sistem Pengolahan Air Pintar

Jumat, 14 Juni 2019 | 19:35 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea, menjalin kerjasama terkait dengan penerapan sistem pengolahan air pintar atau 'Smart Water Management System' dan Kota Denpasar menjadi pilot project penerapan sistem yang berbasis Informasi Komunikasi dan Teknologi (ICT) ini. 

Pilihan Redaksi

  • Dishub Denpasar Tertibkan 19 Kendaraan Parkir Sembarangan
  • K3S Denpasar Serahkan Kursi Roda Kepada Veteran dan Penyandang Disabilitas
  • 3 PNS Absen di Hari Pertama Pasca Cuti Bersama di Sekretariat Daerah Kota Denpasar
  •  
    Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Divisi Konstruksi Pemerintah Korea, Lee Sang Heon saat bertemu dengaan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (14//6). Nampak hadir, Direktur Utama  PDAM Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana, Kepala DLHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada, dan jajaran OPD terkait.
     
    Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa Smart Water Management System adalah sistem yang diciptakan untuk mengatur semua pendistribusian air secara otomatis dengan memanfaatkan software/hardware dan internet. Sistem ini nantinya akan menyimpan data untuk memudahkan pemerintah dalam menganalisa atau mengelola data sebagai bagian dari tindakan penanggulangan bencana seperti kebanjiran atau kekeringan. 
     
    Kedepannya program Smart Water Management bisa diterapkan di Kota Denpasar seperti di Korea, dimana  tujuan dari program ini adalah dapat memberikan pelayanan  yang maksimal kepada masyarakat.
     
    Dikatakan pihaknya masih menunggu kebijakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, untuk dapat melaksanakan pilot project ini, yang renc

    Pilihan Redaksi

  • Hakim Vonis 5 Tahun Pria Asal Riau Merantau ke Bali Jadi Kurir Narkoba
  • 5 Mobil Fiat Tua Jelajahi Rute Denpasar-Lewobunga NTT
  • Polisi Tangkap Ibu Rumah Tangga Miliki Sabu dan Senpi Rakitan
  • ananya dilaksanakan tahun 2020-2022.
     
    Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menyambut baik kedatangan Divisi Kontruksi Pemerintah Korea, Lee Sang Heon dan program yang ditawarkan dari Pemerintah Korea. Rai Mantra mengatakan, kerjasama seperti ini sangat baik dilakukan terlebih untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 
     
    “Memang banyak tantangan tentang sistem air kedepannya, jadi terobosan semacam ini sangat baik dilakukan,” ungkapnya.
     
    Lebih lanjut, pihaknya sangat mendukung program ini dan berharap kedepan bisa dilancarkan sampai manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.
     
    Sementara itu, Direktur PDAM Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana mengatakan akan terus mengawal pelaksanaan program ini. “Sejak penyusunan master plan smart water ini, selalu kami dampingi dengan maksimal, semoga kedepan prosesnya juga dilancarkan, dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (bbn/humasdenpasar/rob)

    Penulis : Humas Denpasar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Denpasar Korea Sistem Pengolahan Air Pintar Teknologi



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV