News

Ombudsman Bali Akan Investigasi Laporan Dugaan PPDB Bermasalah

Selasa, 02 Juli 2019 | 11:31 WITA

beritabali.com/file

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Kantor Ombudsman RI Perwakilan Bali menerima banyak laporan orang tua terkait pelaksanaan PPDB 2019 yang diduga bermasalah. Terkait laporan ini, pihak Ombudsman Perwakilan Bali akan segera melakukan investigasi.

Pilihan Redaksi

  • Sistem Zonasi PPDB Jangan Sampai "Hancurkan" Semangat Belajar Anak
  • Telkom Cabang Denpasar Akui Ada Gangguan Teknis Sistem PPDB SMP
  • Ortu Keluhkan PPDB SMP "Cacat", Walikota Keluarkan Diskresi
  •  
    Kekisruhan PPDB SMP yang terjadi di Kota Denpasar pada 28 Juni lalu merupakan salah satu kasus yang dilaporkan orang tua siswa ke kantor Ombudsman Bali.  Saat itu orang tua siswa ramai-ramai mendatangi Posko PPDB Kota Denpasar.
     
    Saat itu orang tua siswa memprotes pelayanan sistem online yang diduga bermasalah. Akibat sistem online yang bermasalah, banyak siswa yang tidak bisa terdaftar dan tercecer dari proses pendaftaran SMP negeri. 
     
    Untuk mengatasi kekisruhan ini, Walikota Denpasar kemudian mengeluarkan diskresi atau kebijakan. Anak-anak atau siswa yang tidak bisa terdaftar akibat gangguan teknis sistem onli

    Pilihan Redaksi

  • Ortu Keluhkan PPDB SMP "Cacat", Walikota Keluarkan Diskresi
  • Sekolah Swasta Minta Pelaksanaan PPDB Tidak Langgar Aturan
  • Hasil PPDB Zonasi Jarak Terdekat Diumumkan, Disdikpora Denpasar Lanjut ke Verifikasi Faktual
  • ne, bisa tetap mendaftar berdasar seleksi nilai ujian nasional.
     
    Meski Walikota Denpasar sudah mengeluarkan diskresi atau kebijakan, namun orang tua siswa yang kecewa tetap melaporkan masalah ini ke kantor Ombudsman Perwakilan Bali. Mereka minta Mmbudsman turun tangan melakukan investigasi menyeluruh terkait dugaan masalah dalam PPDB di Kota Denpasar.
     
    Pihak Ombudsman Perwakilan Bali mengatakan sudah mengidentifikasi beberapa dugaan masalah dalam pelaksanaan PPDB di Kota Denpasar. Pihak Ombudsman Perwakilan Bali menyatakan segera mengagendakan investigasi untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.
     
    "Banyak laporan yang kita terima, ada dugaan ketidaksiapan operator PPDB di lapangan, pengaduan orang tua yang dijaga banyak anggota Satpol PP, penggunaan surat domisili dan sebagainya, ini akan kita investigasi untuk menelusuri dugaan-dugaan itu," kata Umar Ibnu Alkhatab, Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, di Denpasar (1/7/2019). [bbn/psk]

    Penulis : putu setiawan kondra

    Editor : Putra Setiawan


    TAGS : Ppdb Smp Sma Smk Bali Ombudsman



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV