Informasi

Sekda Dewa Indra Tegaskan Pemimpin Harus Punya Integritas

Jumat, 05 Juli 2019 | 22:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Integritas menurut Sekretaris Dewa Indra adalah tentang melaksanakan apa yang sudah dijanjikan. Jadi, pemimpin harus memiliki jiwa integritas dalam kapasitasnya memimpin para staf. 

Pilihan Redaksi

  • Wagub Cok Ace Sebut Untuk Menjadi Pemimpin harus Memelihara 3 Mata Dalam Diri
  • Sekda Dewa Indra Tegaskan Bali Ingin Mandiri Energi
  • Sekda Indra Minta Kontribusi Aktif Pemegang Saham Agar Bank BPD Bali Lebih Inovatif
  •  
    Hal itu dijelaskan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat menjadi narasumber Diklat PIM 2 Angkatan 13 yang bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Denpasar, Jumat (5/7).
     
    Seorang pemimpin juga menurutnya harus mampu menghadapi tantangan serta mampu mengkalkulasi resiko sehingga dampaknya bisa diminimalisir. “Apalagi dalam Diklat kali ini dimasukkan ilmu markting, yaitu Marketing Sektor Publik, jadi pemimpin harus yang paling pertama menjadi agent of change,” jelasnya di depan 60 peserta Diklat yang terdiri dari pejabat eselon 2 dari berbagai daerah di Indonesia.
     
    Lebih jauh, hal penting yang harus dipikirkan adalah kredibilitas. “Integritas datang dari hati, karena menyangkut tentang moral dan keteguhan diri. Sementara kredibilitas datang dari kepala atau brain, yang menyangkut tentang kemampuan, knowledge, dan kompetensi,” imbuhnya. 
     
    Menurutnya, jika kedua itu digabungkan akan membentuk kepercayaan dari para staf.“Pemimpin adalah orang yang berpengaruh, terutama untuk para follower atau staf, jika sudah mampu menjadi orang yang dipercaya maka leadership atau kepemimpinannya menjadi efektif,” jelasnya. 
     
    Dewa Indra memandang, banyak orang yang bisa menjadi pejabat, namun untuk menjadi pejabat sekaligus pemimpin, bukanl

    Pilihan Redaksi

  • Evaluasi Retribusi di Nusa Penida, Dari Minimnya Staf Hingga Petugas Kurang Bisa Bahasa Inggris
  • Gamelan Saron, Gamelan Tua Dengan Laras Pelog Tujuh Nada
  • Ketika ''Odah'' Ujuk Kemampuan Dalam Seni Arja di Ajang PKB
  • ah hal yang mudah. Beberapa isu strategis tentang integritas pemimpin yang perlu dicermati menurutnya adalah tentang pemenuhan janji republik, anti korupsi serta bagaimana untuk terus menumbuhkan integritas itu sendiri. 
     
    “Sebagai pejabat publik, seorang pemimpin harus teguh kepada janji republik, karena kita diberikan amanah untuk mewujudkan salah satu hal janji kepada negara dalam ruang lingku kita masing-masing,” tegasnya.
     
    Hal penting lainnya adalah antikorupsi. Ia menyadari budaya korupsi memang susah dibasmi sampai ke akar-akarnya. Akan tetapi, jika semua pemimpin mempunyai integritas yang tinggi, maka kebiasaan buruk itu tidak akan pernah disentuhnya. “Kembali lagi bagaimana kita menjaga integritas kita,” tegasnya.
     
    Sementara mengenai bagaimana menumbuhkan integritas itu sendiri, Dewa Indra mengingatkan untuk terus berlatih, memegang teguh komitmen organisasi serta terus berupaya konsisten tentang apa yang telah diucapkan. (bbn/humasbali/rob)

    Penulis : Humas Provinsi Bali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Sekda Indra Pemimpin



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV