News

Sukses Kampung KB, Jembrana Raih Penghargaan Tertinggi Satyalancana Pembangunan

Minggu, 07 Juli 2019 | 22:15 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Beritabali.com.Jembrana. Berbagai program pembangunan Jembrana di bidang kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. 

Pilihan Redaksi

  • Ratusan Lansia Ramaikan Peringatan HLUN di Jembrana
  • Produk UKM Jembrana Tampil di Apkasi Otonomi Expo di Jakarta
  • Tergolong Tinggi, Jembrana Telah Mengeluarkan 1.377 Kartu Pencari Kerja
  •  
    Bertepatan dengan Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 yang dipusatkan di Banjarmasin Prov. Kalsel, Bupati Jembrana I Putu Artha menerima penghargaan Satya Lancana Pembangunan di bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) pada Sabtu (6/7). 
     
    Penghargaan itu diserahkan Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mewakili Presiden Joko Widodo, sebagai  penghargaan tertinggi atas Komitmen dan Dukungan terhadap Program KKBPK  kepada kepala daerah.
     
    Teristimewa, karena  tahun ini  hanya  Jembrana menjadi satu satunya kabupaten di Bali yang diberi penghargaan tertinggi dibidang KKBPK ini. Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, Pemkab Jembrana juga  menerima penghargaan dalam bidang KB,  Manggala Karya Kencana yang diterima  Bupati Jembrana I Putu Artha, di Kupang, NTT.
     
     
    Salah satu sumber kesuksesan program KKBPK di Kabupaten Jembrana  yakni kampung KB. Dijelaskan Kadis Pemberdayaan Perempuan Pengendalian Penduduk dan KB Jembrana, Ni Kade Ari Sugianti, bahwa Kampung KB merupakan Program Prioritas Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk meningkatakan kualitas hidup individu,keluarga dan masyarakat yang  terintegrasi dengan pembangunan sektor lain nya. 
     
    Di Jembrana sendiri Kampung KB sudah mulai terbentuk sejak tahun 2016, dimasing-masing kecamatan sebanyak 1 desa. Sampai saat ini (tahun 2019) sudah terbentuk 10 kampung KB.
     
    Program itu juga didukung adanya Penyuluh KB, Petugas Lapangan KB dan para Tenaga Penggerak Kelurahan. Bahkan beberapa kali kampung KB yang ada di Jembrana menjadi studi rujukan bagi daerah-daerah lainnya.
     
    Selain itu, menurutnya berbagai kegiatan  juga dilaksanakan guna mendekatkan program KKBPK itu dengan masyarakat. Diantaranya melaksanakan pelayanan KB Keliling guna mendekatkan  pelayanan masyarakat, melaksanakan Mobil Unit Penerangan ( Mupen ) sebagai sarana KIE (komunikasi, informasi dan edukasi(massa)  melalui pemutaran film, memberikan pengayoman terhadap peserta KB MOP serta dengan memberikan biaya operasional terhadap Kelompok Bina Keluarga Balita.
     
    “Selain itu kami juga mendekati berbagai kelompok masyarakat dengan membentuk Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di sekolah-sekolah serta  jalur masyarakat lainnya," terang Ari Sugianti.
     
    Bupati Artha, usai menerima penghargaan didampingi Kabag Humas dan Protokol I Made Cipta Wahyudi, sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan pemerintah pusat. Artha berharap kedepan penghargaan ini dapat dipertahankan sekaligus memotivasi percepatan Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat atau Keluarga, khususnya di Jembrana.
     
    “Atas nama Pemkab Jembrana, tentunya kami bersyukur atas  penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan Menko PMK Puan Maharani. Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras dan sinergi antar OPD serta keseriusan kita bersama, baik pemerintah dan masyarakat Jembrana dalam program pembangunan di bidang kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga,“ ujar Artha.
     
    Artha juga menekankan pentingnya perencanaan dalam sebuah keluarga

    Pilihan Redaksi

  • Kuasa Hukum Pelapor Sebut Proses Perdamaian dengan Sudikerta Masih Berjalan
  • Kantor Eks Pengacara Sudikerta Resmi Disita
  • LKB Saraswati Jakarta Unjuk Kemampuan di Ajang PKB 2019
  • guna mewujudkan kesejahteraan .
     
    "Hidup itu harus direncanakan mulai dari awal pernikahan, sampai memiliki anak. Nah, pemahaman seperti itulah yang sering kami sampaikan dalam program kampung KB," paparnya.
     
    Dalam kesempatan itu, Menteri Kordinator PMK Puan Maharani mengatakan, Harganas yang selalu diperingati setiap 29 Juni, untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih menyadari bahwa keluarga merupakan pondasi yang penting dalam membangun kehidupan yang sejahtera. Pada acara Puncak Peringatan Harganas, pemerintah memberikan Penganugerahan 
     
    Tanda Kehormatan dan Tanda Penghargaan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.
     
    "Penganugerahan ini, merupakan bentuk apresiasi atas komitmen dan dukungan yang ditunjukan saudara-saudara yang telah ikut berjasa dalam memajukan program KKBPK,“ tandas Menteri Puan Maharani. (bbn/jim/adv/rob)

    Penulis : Berita Advertorial

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kampung KB Jembrana Penghargaan



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV