Akademika

Pembersih Tumpahan Minyak di Air Bawa Pelajar NTB Juara 1 Sains Nasional

Senin, 21 Oktober 2019 | 07:55 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, .
Penelitian berjudul 'NOWS (Natural Oil/Water Separator) pembersih tumpahan minyak di air berbahan serat biduri (calostropis gigantea L), mengantarkan dua pelajar SMA di Nusa Tenggara Barat, meraih juara 1 Nasional di bidang Matematika Sains dan teknologi.

Pilihan Redaksi

  • Tukar Inovasi, Tim PPDB Denpasar Studi ke Tanggerang Selatan
  • Inovasi Penelitian di Indonesia Belum Termanfaatkan Secara Optimal
  • Lotion Anti Nyamuk Berbahan Serai Karya Siswi Denpasar Raih Perunggu di Ajang IYIA
  • Pada ajang olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tahun 2019. Adapun dua siswa SMA yang membawa harum nama NTB di olimpiade ini masing-masing Syarifah Fatimah Nissatuljannah SB (Nisa), dan Muhammad Farid Andika (Farid). 
    Dua pelajar ini tercatat sebagai siswa di SMA 1 Sumbawa. Erna Dewi SPd, pendamping kedua siswa selama penelitian dan ajang olimpiade mengatakan, pencapaian dua pelajar SMA 1 Sumbawa ini dimulai dari pengajuan proposal penelitian di bulan April 2019. Pada awal seleksi, tak kurang dari 6.000 proposal yang masuk bersama proposal Nisa dan Farid. 
    "Setelah diseleksi, proposal, proposal dari siswa SMA 1 Sumbawa ini masuk diantara 4.000 proposal yang diajukan ke tahap riset. Lalu keduanya pun mulai melakukan riset," kata Erna Dewi, Sabtu (19/10). 
    Setelah riset selesai, peneliti mengirimkan laporan hasil penelitian dan log book atau catatan proses penelitian. "Dari 1.200 laporan yang diterima penyelenggara, siswa kami terpilih sebagai salah satu dari 106 finalis nasional. Atau salah satu dari 49 finalis di bidang Matematika Sains dan teknologi," jelas Erna Dewi. 
    Lebih lanjut Erna menjelaskan, setiap finalis harus membuat video profil yang diunggah ke YouTube. Kemudian melakukan pameran. Dan kemudian pada tahap akhir, finalis melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Dewan juri ini adalah para pakar dari berbagai lembaga dan kampus ternama.
    Sementara Kepala SMA 1 Sumbawa, Masuji Mando mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. Apalagi prestasi itu diraih setelah bersaing dengan para pelajar se-Indonesia.
    "Mereka berusaha dengan keras, melakukan simulasi dan lain sebagainya. Saya, guru-guru dan orang tua hanya memfasilitasi mereka berangkat dan pembinaan," ujar Masuji.
    Menurut Masuji, prestasi ini bukan kali pertama diraih oleh Syarifah Fatimah Nissatuljannah SB. Tahun lalu Syarifah bersama tiga rekannya Nadia Safira, Lauhul Afiat Kahfi dari SMA 1 Sumbawa Besar, dan Andrian dari SMKN 3 Sumbawa Besar juga membuat NTB bangga. 
    Mereka mewakili Indonesia pada ajang Lomba penelitian 'South Easth Asia Matematic Education  Organization (SEAMEO) di Jakarta. Lomba tersebut diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Asia tenggara.

    Penulis : Ni Luh Sulastri

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pembersih Tumpahan Minyak Di Air Pelajar NTB Sains Nasional



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV