Hukrim

Motif Pelaku Perusakan Gereja Santo Yoseph di Jalan Kepundung

Selasa, 09 Juli 2019 | 21:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Polsek Denpasar Timur mengamankan seorang pria bernama Abdi (50) terkait aksi perusakan Gereja St. Yoseph di Jalan Kepundung Denpasar Timur, Selasa (9/7/2019) pagi. Abdi yang tinggal di Jalan Gajah Mada, Denpasar Barat itu diduga stress sehingga merusak sarana dan prasarana tempat ibadah di gereja tersebut. 

Pilihan Redaksi

  • Polisi Ringkus Pelaku Pencurian dengan Kekerasan di Sejumlah TKP di Karangasem
  • 3 Pelaku Tersinggung Dilarang Masuk Saat Bawa Anak Berenang di Sekolah
  • Oknum Anggota Ormas, Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Denpasar
  •  
    Pria asal Malang itu awalnya datang ke Gereja St. Yoseph bersama istrinya, Camelia, sekitar pukul 09.00 Wita. Dari keterangan penjaga gereja, Cristo Nahat (26), Abdi merupakan jemaat yang sudah sering melaksanakan kebaktian di Gereja St. Yoseph. 
     
    Namun saat itu sedang sepi karena Romo Mandia dkk sedang melaksanakan kegiatan di Gereja St. Yoseph di Ubung. “Saat itu masih sepi, hanya ada pelaku dan istrinya,” beber sumber di lapangan, Selasa (9/7/2019). 
     
    Mirisnya sebelum kebaktian dimulai, Abdi tiba-tiba menangis. Usai menangis dia selanjutnya mengamuk di atas mimbar kebaktian. “Saksi penjaga gereja melihat pelaku mengamuk di atas mimbar kebaktian,” ungkapnya. 
     
    Melihat anggota jemaat mengamuk, saksi tidak berani mendekat karena pelaku membawa kayu. Saksi akhirnya keluar dari gereja untuk meminta bantuan warga setempat. Beruntung di luar gereja, saksi Cristo bertemu dengan anggota Polwan dari Unit Yanmas Polda B

    Pilihan Redaksi

  • Tatkala Para Tuna Netra Unjuk Kemampuan Megamel di Ajang PKB 2019
  • 6 Perwira Polisi Dimutasi
  • ali yang sedang berpatroli. 
     
    Sementara di dalam gereja, pelaku Abdi mengamuk membabi buta. Ia merusak 3 jendela kaca samping kanan pecah. Tempat lilin di rusak, begitu pula dengan 6 pasang kursi. Pria yang tinggal di Jalan Gajah Mada Denpasar Barat itu juga merusak tempat persembahyangan, 2 buah meja mimbar kebaktian, 1 buah patung malaikat, 2 patung kecil, 4 buah mic dan meja tempat air suci. 
     
    “1 buah lampu abadi dan 1 buah salib serta 1 lonceng kuningan menjadi sasaran kemarahan pelaku,” ujar sumber. 
     
    Amukan pelaku akhirnya dihentikan anggota Polwan yang masuk ke dalam gereja serta mengamankan pelaku. Polisi langsung menggiringnya ke Polsek dentim untuk dimintai keterangan. 
     
    Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Karang Adiputra mengatakan, saat ini Abdi masih dalam pemeriksaan terkait aksi perusakan yang dilakukannya di Gereja St. Yoseph. “Dia masih diamankan,” ujarnya, Selasa (9/7/2019). (bbn/spy/rob)

    Penulis : Surya Kelana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Perusakan Gereja Santo Yoseph Motif Pelaku



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV