Hukrim

Naik Motor dari Malaysia ke Indonesia, Pria Asal Cina Ini Terancam 5 Tahun Bui

Rabu, 16 Oktober 2019 | 18:05 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Aksi nekat dilakukan seorang Warga Negara (WN) China, Dacheng Yan (44) dengan mengendarai sepeda motor seorang diri dari Malaysia masuk ke Indonesia melalui jalur darat.

Pilihan Redaksi

  • Hakim Vonis Pria Asal Banyuwangi Kasus Narkoba 5,5 Tahun Penjara
  • Pria Paruh Baya Asal Peru Telan 950 Gram Kokain Terancam Hukuman Mati
  • Pria Asal Jakarta Bunuh Diri di Hotel Tinggalkan Surat Wasiat
  • Hal itu dilakukannya tanpa dilengkapi identitas dokumen diri. Akibatnya, pria ini diamankan petugas imigrasi dan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar, Rabu (16/10) untuk tahap II.
    Ditemui di sela pelimpahan tahap II, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar Yoga Aria Prakoso menjelaskan, usai dilakukan pemeriksaan dan berkasnya telah dinyatakan lengkap langsung melakukan pelimpahan.
    "Kami telah menyelesaikan pemeriksaan dan telah menyerahkan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China yang diduga melakukan pelanggaran Pasal 119 ayat (1) jo 113 Undang-Undang No.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian," terangnya di sela pelimpahan, sembari memastikan ancaman hukuman maksimal 5 tahun.
    Lanjut Yoga, bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka Dacheng Yan masuk ke wilayah Indonesia tanpa menggunakan dokumen yang sah dan tidak melakukan pemeriksaan imigrasi. "Ada dua pelanggaran yang dilakukan, pertama tidak menggunakan dokumen. Seperti kita ketahui setiap orang yang masuk wilayah Indonesia wajib menggunakan dokumen keimigrasian atau paspor yang masih berlaku dan harus melalui pemeriksaan imigrasi," tegasnya.
    Sementara itu, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Denpasar, I Wayan Eka Widanta,SH membenarkan telah menerima pelimpahan dari pihak Imigrasi Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.
    "Ya benar kami menerima pelimpahan tahap II dari imigrasi terkait tersangka orang asing yang melanggar UU keimigrasian," ujarnya.
    Dikatakannya setelah menerima pelimpahan, langkah selanjutkan akan la

    Pilihan Redaksi

  • Pemkot Gelar Lomba Balita Sehat Tahun 2019
  • Wabup Suiasa Beberkan Kiat Antisipasi Gejolak Inflasi di Badung
  • Derita Gangguan Kejiwaan, Kondisi Bagong Memprihatinkan
  • ngsung melakukan penahanan terhadap tersangka Dacheng Yan. "Kami menahan tersangka di Lapas Kerobokan selama 20 hari kedepan. Setelah itu kami segera menyusun dakwaan dan akan melimpahkan ke pengadilan secepatnya untuk selanjutnya dilakukan proses persidangan," terang Eka Widanta.
    Ditegaskannya bahwa kasus pelanggaran keimigrasian ini adalah kasus pertama kali di Bali. Berdasarkan pasal yang disangkakan, tersangka diancam hukuman sampai 5 tahun. "Ini merupakan kasus pertama dan ini merupakan kerjasama kami dengan pihak Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Sehingga berkas bisa selesai dengan cepat dan P21. Lalu kita lakukan tahap II hari ini," tuturnya.
    Untuk jaksa sendiri, pihak Kejari Denpasar telah menunjuk dua jaksa yang akan menangani perkara ini yaitu Jaksa I Made Lovi Pusnawan dan Agus Suraharta. Sebagaimana diuraikan dalam berkas perkara, tersangka masuk ke Indonesia dengan maksud berlibur. Namun ia datang ke Indonesia tanpa menggunakan dokumen perjalanan dan visa.

    Penulis : Made Ari Wirasdipta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pria Asal Cina Naik Motor Tanpa Dokumen Imigrrasi Masuk Ke Indonesia Kejari Warga Negara Asing Kasi Pidum



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV