Informasi

Hidupkan Kembali Potensi Kota Tua Gajah Mada dengan Merangkul Insan Kreatif

Minggu, 14 Juli 2019 | 13:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Jalan Gajah Mada Denpasar menjadi kawasan wisata kota tua yang dimiliki Kota Denpasar. Sebagai pusat perdagangan dengan keberadaan pasar terbesar yakni Pasar Badung serta didukung dengan gedung-gedung tua di kawasan jalan Gajah Mada, jalan Kartini dan sekitarnya. 

Pilihan Redaksi

  • Sebut Tatanan Kota Denpasar Carut Marut, Popo Danes: Isinya Deretan Toko Semua
  • Istri Wali Kota Denpasar Lelang Pakaian Untuk Kegiatan Sosial
  • Kota Amlapura Resmi Masuk Jaringan Kota Pusaka Indonesia
  •  
    Walaupun saat ini telah dilakukan beberapa renovasi gedung, tetapi suasana Jalan Gajah Mada tetap menyimpan kenangan sebuah kota tua yang hidup sejak zaman dahulu. Rancangan bangunan khas Bali di kawasan Jalan Gajah Mada masih kental terasa. 
     
    Pemerintah Kota Denpasar sejak Tahun 2008 lalu telah memasang tulisan kawasan heritage Jalan Gajah Mada sebagai petanda bahwa kawasan ini memiliki sejarah dan harus tetap dijaga dan dilestarikan.
     
    “Beberapa kawasan wisata kota Denpasar tampak telah ramai dikunjungi meliputi Sanur, dan kini akan kita hidupkan kembali dengan revitalisasi kawasan Jalan Gajah Mada yang merangkul insan kreatif Denpasar," ujar Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra saat bertatap muka dengan insan kreatif Denpasar, Jumat malam lalu (12/7) di Warung Bendega Renon Denpasar.
     
    Acara yang dikemas oleh Badan Kreatif (Bkraf) Denpasar bersama Dinas Pariwisata Kota Denpasar ini dihadiri ratusan insan muda meliputi, Sekaa Teruna dari banjar yang berada di kawasan Jalan Gajah Mada, musisi, kreator, hingga akademisi. Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra juga menyerahkan Surat Keputusan kepada kepengurusan Bkarf Denpasar yang dapat mengakomodir insan muda di Kota Denpasar.
     
    Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan kawasan Gajah Mada menyimpan penuh kenangan wisata kota tua yang pernah jaya dimasanya. Sehingga melalui pertemuan ini kami mengajak insan kreatif Denpasar untuk bersama-sama melakukan gagasan dan ide kreatif yang akan dilakukan revitalisasi kawasan Jalan Gajah Mada oleh Pemkot Denpasar.
     
    Dibutuhkan keterlibatan insan kreatif Denpasar seperti musisi, penggiat kuliner, arsitektur, hingga kreator-kreator yang telah banyak memberikan kontribusi kepada Kota Denpasar. Seperti halnya kawasan Gang Beji sebagai kawasan kuliner khas Nasi Jinggo untuk dapat kita hidupkan kembali. 
     
    “Kami ingin membangunan, mengonsep, hingga menata kembali secara bersama-sama insan kreatif hingga keterlibatan sekaa teruna di kawasan Jalan Gajah Mada untuk membangkitkan potensi-potensi yang ada serta mampu menjadi ruang kreatif dan ekonomi kreatif,”ujar Rai Mantra. 
     
    Disamping itu Rai Mantra juga memberikan arahan agar nantinya Bkraf Denpasar dapat mengakomodir inovasi dan kreatifitas insan kreatif lewat kegiatan musyawarah kreatif yang tak terlepas dari keberadaan komunitas seperti perfilman, photography, musik, motor custom, fashion hingga kuliner. Pemanfaatan ruang kreatif seperti Youth Park Lumintang hingga nantinya akan ada ruang baru yakni balai budaya Kota Denpasar dapat dipergunakan sebagai art space insan muda kita. 
     
    “Mari kita bangun ekosistem untuk saling memahami proses antara pemerintah dan insan kreatif untuk memajukan Denpasar sebagai kota kreatif berujung pada minat wisatawan untuk datang serta dapat meningkatkan pendapatan perkapita,” ujarnya.
     

    Pilihan Redaksi

  • DLHK Denpasar Klaim Penurunan Persentase Penggunaan Kantong Plastik Capai 99,60%
  • Sosialisasi Pengurangan Kantong Plastik Sekaligus Kembangkan Potensi Wilayah
  • Siswi Denpasar, Angelina Fedora Terpilih Sebagai Putri Cilik Indonesia Budaya
  • > Sementara Kepala Dinas Pariwisata Denpasar, Dezire Mulyani didampingi Ketua Pelaksana Bkraf Denpasar, I Putu Yuliarta mengatakan pembentukan Bkraf karena dorongan Walikota Rai Mantra lewat visi misi Denpasar kreatif berawasan budaya yang diyakini saling kait mengkait antara keberadaan budaya dan kreatifitas. Lahir sebagai wadah non pemerintah yang kita sebut Bkraf  mengemban visi ekonomi kreatif berbasis budaya sebagai penggerak ekonomi kreatif di Denpasar. 
     
    Misi kegiatan rebranding jelajah budaya, aktivasi kreatif, aktivasi banjar sebagai kreatif space, aktivasi kegiatan kampus dan sekolah kreatif, peningkatan jejaring aktivitas komunitas dan program kreatif nasional hingga internasional. 
     
    “Dari pertemuan ini kita menguatkan kembali langkah dalam mendukung komitmen Walikota Rai Mantra melakukan penataan di Jalan Gajah Mada sebagai kawasan wisata kota tua, serta juga menggali saran masukan dari insan kreatif Denpasar,”ujarnya. (bbn/humasdenpasar/rob)

    Penulis : Humas Denpasar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kota Tua Gajah Mada Denpasar Insan Kreatif



    News Lainnya :

    POLITIK Kamis, 23 Januari 2020 | 12:40
    Hasil Survei Tunjukkan Keraguan Jika Paket Masdipa Kembali Dipasangkan
    Paket Masdipa sepertinya akan benar benar berpisah. Pasalnya selain beradar isu keretakan di antara ...
    HUKRIM Kamis, 23 Januari 2020 | 10:50
    KPPAD Bali Catat 40 Kasus Pembuangan Bayi dalam 3 Tahun
    Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Bali mencatat kasus pembuangan bayi sejak tah ...
    NEWS Kamis, 23 Januari 2020 | 09:55
    Donasi untuk Satwa Liar Korban Kebakaran Hutan Australia
    Australia tengah mengalami musibah kebakaran hutan terparah sepanjang sejarah Negara Kangguru terseb ...


    Berita Lainnya

    HUKRIM Selasa, 21 Januari 2020 | 10:30
    Pasca Aksi Penghadangan, Polisi Patroli di Jembatan Shortcut Buleleng
    Diperkirakan sebanyak 10 orang diduga melakukan aksi penghadangan di lintasan Jalan Shortcut Bulelen ...
    POLITIK Rabu, 08 Januari 2020 | 19:00
    Artha Dipa Mundur dari Proses Penjaringan Golkar Karangasem
    Optimisme serta cara I Wayan Artha Dipa berjalan kaki saat kembalikan formulir penjaringan calon kep ...
    INFORMASI Sabtu, 11 Januari 2020 | 14:10
    Rai Mantra Ajak Pedagang Jaga Pasar Rakyat, Kurangi Penggunaan Kantong Plastik
    Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Artha Nugraha Pasar Badung dan juga RAT KSP ...

    Trending News

    Trending Terhangat

    Berita Bali TV