News

Kadispar Buleleng Tanggapi Viralnya Pungli di Air Terjun Sekumpul

Senin, 15 Juli 2019 | 16:10 WITA

bbn/bali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Menanggapi viralnya informasi tentang praktek pungutan liar (pungli) kepada wisatawan di objek wisata air terjun Sekumpul, Buleleng direspon oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Ir. Nyoman Sutrisna MM.

Pilihan Redaksi

  • Karangasem Raih Juara I dalam Lomba Sadar Wisata
  • Festival Musik Jadi Magnet yang Menarik Wisatawan ke Bali
  • 16 Juta Wisatawan ke Bali Produksi 3,5 Kali Lipat Limbah per Hari dari Penduduk Lokal
  •  
    Dijelaskan berdasarkan peraturan Bupati Buleleng no 59 tahun 2017 tentang peninjauan tarif retribusi tempat  dan tempat hiburan  bahwa untuk obyek retribusi pelayanan tempat rekreasi Air Terjun Sekumpul retribusi untuk tiket masuknya adalah Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak.
     
    Jika, lanjutnya, pihak Bumdes menginginkan peningkatan pendapatan dari obyek ini dengan mengenai pungutan tambahan fasilitas atau jasa lain yang disediakan oleh pihak Bumdes haruslah dibentuk Peraturan Desa (perdes) yang  mendasari pungutan tersebut dengan mengacu kepada peraturan perundangan di atasnya dan diatur tata kelolanya yang lebih detail.
     
    Sutrisna menegaskan Bumdes hanya sebagai pelaksana teknis dari apa yang telah tercantum di dalam Perdes tersebut dan tidak membuat produk hukum atau aturan tersendiri. (bbn/rls/rob)

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Air Terjun Sekumpul Pungli



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV