Informasi

Delegasi Pingtan Tiongkok Belajar Manajemen Operasi Pariwisata di Bali

Senin, 15 Juli 2019 | 21:25 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabalicom, Denpasar. Mr Cheng Sang Kuan selaku ketua rombongan Fujian Province Of China dan Pingtan Delegations, menyampaikan tujuan dari kunjunganya adalah untuk belajar tentang konsep dan praktik lanjutan mengenai manajemen operasi pariwisata, perencanaan dan konstruksi perkotaan yang diterapkan Bali.

Pilihan Redaksi

  • Survei PKB Sebut Harga Masih Mahal, Koster: De Bes Liu Ngalih Untung Pang Pada Maan
  • Putri Koster Hadiri Pameran Karya Kreatif Indonesia 2019
  • Koster dan Tudingan Mendikbud "Biang Kerok" Gaduh PPDB
  •  
    "Dari hasil studi di Bali, nantinya akan dimanfaatkan sebagai perbandingan untuk membantu pembangunan di Pingtan, yang selama ini dikenal sebagai pulau pariwisata internasional," ujarnya saat beraudiensi dengan Gubernur Bali Wayan Koster di kediamannnya, Senin (15/7).
     
    Di hadapan Gubernur Koster, Mr Cheng Sang Kuan sempat memaparkan kondisi geografis Pingtan yang merupakan pulau terbesar kelima di Tiongkok. Disebutkan, Pingtan terletak di bagian timur laut Provinsi Fujian, China, terdiri atas 126 pulau kecil dan 702 batu karang. Karenanya, pulau ini dikenal sebagai pulau ribuan terumbu karang (coral).
     
    Pulau memiliki luas daratan sekitar 392,92 kilometer persegi, dan luas laut 6.064 kilometer persegi. Mengenai populasi di pulau tersebut, ia mengatakan sekitar 440.000 jiwa.
     
    "Provinsi Bali adalah tujuan wisata terkenal di Indonesia dan dunia, sehubungan dengan pemandangan alam dan manusianya yang indah. Ada banyak pengalaman dalam pengembangan industri pariwisata, manajemen operasi pariwisata, serta perencanaan dan konstruksi perkotaan yang patut dipelajari dari Bali. Saya berharap kedua tempat ini dapat memperkuat pertukaran dan kerja sama," ujarnya.
     
    Lebih jauh iaa menyatakan, pemerintah pusat Tiongkok sangat mementingkan pengembangan terbuka Pingtan dan memberi Pingtan tiga zona unggulan, yakni 'zona eksperimental, zona perdagangan bebas + pulau wisata internasional'.  
     
    "Pada bulan November 2011, pemerintah kami menyetujui 'Rencana Pengembangan Keseluruhan Area Eksperimental Pingtan', selanjutnya pada bulan April 2015, area Pingtan dari Zona Perdagangan Bebas Fujian secara resmi didirikan," ucapnya.
     
    Selanjutnya pada 8 Agustus 2016, Komite Pusat menyetujui 'Pariwisata Internasional Pingtan' dan program pembangunan pulau di kawasan itu. Secara khusus, pada 1 November 2014, Presiden Tiongkok Xi Jinping secara pribadi pergi ke pulau itu untuk memeriksa dan melukis cetak biru untuk pengembangan strategis 'satu pulau, dua jendela dan tiga kabupaten' untuk Pingtan, serta menjadikan Pingtan sebagai 'jendela pem

    Pilihan Redaksi

  • 1 Kompi Brimob Polda Bali Dikirim ke Papua Amankan Freeport
  • Kumpulan Puluhan Pegiat Medsos, Netizen Badung Jajaki Kerja Sama dengan AIC
  • Usai Divonis 13 Tahun, Terdakwa Miliki 59 Paket Sabu Siap Edar Langsung Menangis
  • buka' penting bagi China, katanya mengungkapkan.
     
    [ilihan-redaksi2] Pada kesempatan itu dibahas jalinan kerja sama antar kedua daerah khususnya sektor pariwisata. Gubernur Koster mengapresiasi jalinan kerja sama yang akan dibangun, dengan tetap berpegang teguh pada kearifan lokal yang tumbuh di tengah kehidupan masyarakat Bali. 
     
    Pariwisata Bali tumbuh dan berkembang bernapaskan seni, budaya dan agama, sehingga wajib untuk dipelihara, dijaga, dilestarikan dan tetap dikembangkan agar tidak tergerus oleh perubahan zaman.
     
    "Bali merupakan pulau yang unik dengan berbagai kekayaan adat, tradisi, budaya dan kearifan lokalnya. Kesemuanya itu menyatu dengan pelaksanaan agama dalam tatanan kehidupan masyarakat Bali yang sudah mendarah daging dan terpelihara dengan baik, bahkan diaktualisasikan dalam berbagai bentuk seni seperti tari-tarian, karawitan, kekawin, seni memahat, seni rupa dan sebagainya," ujar Koster menjelaskan. (bbn/humasbali/rob)

    Penulis : Humas Provinsi Bali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Koster Managemen Wisata Pingtan Tiongkok



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV