Informasi

Petugas Pol PP Sudah Tidak Jaman Pasang Wajah Sangar dan Galak

Kamis, 12 Desember 2019 | 17:15 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Dalam mengawal penegakan Perda maupun Pergub, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali diminta lebih mengedepankan pendekatan humanis dan tidak main kasar. 

Pilihan Redaksi

  • Sat Pol PP Denpasar Limpahkan Kasus Pelanggaran Pembuangan Limbah ke Kepolisian
  • 350 Anggota Satpol PP dan Damkar Gianyar Ikuti Pembaretan
  • Satpol PP Denpasar Segel Usaha Sablon Batik yang Cemari Tukad Badung
  • Penekanan tersebut disampaikan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra pada Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja di Halaman Kantor Pol PP Provinsi Bali, Kamis (12/12/2019).
    Lebih jauh Sekda Dewa Indra menambahkan, pendekatan humanis itu bisa dilakukan melalui pemberian edukasi kepada masyarakat. Menurutnya, sudah bukan jamannya lagi petugas Pol PP memasang wajah sangar dan galak dalam melakukan penertiban. 
    “Penyebab pelanggaran itu kan banyak, kalau alasannya tidak tahu ya kita kasih tahu, kalau tidak jelas, petugas Pol PP harus bisa menjelaskan, kalau masih melanggar baru ditindak,” bebernya. 
    Untuk itu, seorang petugas Pol PP diminta membekali diri dengan pemahaman tentang Perda dan Pergub yang menjadi bagian dari kebijakan pimpinan. “Bukan sekedar tahu dan hafal isinya tapi yang lebih penting mengetahui jiwa atau nilai yang terkandung di dalamnya,” ucapnya. 
    Terkait dengan upaya peningkatan profesionalisme ASN, Dewa Indra mengapresiasi pengangkatan pegawai pada jabatan fungsional yang secara bertahap sudah dilakukan oleh Pol PP Provinsi Bali. Ia mengingatkan kalau seorang pejabat fungsional dituntut untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi individu. 
    “Pengembangan kariernya berbasis pada inisiatif dan kreatifitas masing-masing. Tak ada yang menolong kalau mau naik pangkat, semua tergantung pada keaktifan masing-masing,” urainya. 
    Dalam bekerja, seorang pejabat fungsional jangan lagi berpatokan pada penugasan atau perintah. Menurutnya, semakin kompeten dan kreatif, maka seorang pejabat fungsional akan semakin cepat dapat mengumpulkan angka kredit untuk naik pangkat. 
    Pada bagian lain, Dewa Indra juga menyinggung komitmennya untuk mewujudkan situasi kerja yang kondusif bagi pegawai di lingkungan Pemprov Bali. Dalam kesempatan itu, Pol PP melantik dan mengambil sumpah 26 orang pejabat fungsional. 
    Selain itu, dilakukan pula pengukuhan 35 pejabat fungsional Pol PP yang telah dilantik secara bertahap sebelumnya. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan disaksikan oleh rohaniawan dan perwakilan BKD Provinsi Bali.

    Penulis : Humas Provinsi Bali

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Po PP Wajah Galak Sangar Penertiban



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV