News

BMKG: Bali Masih Miliki 3 Pembentuk Tatanan Tektonik

Selasa, 23 Juli 2019 | 12:06 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Bali masih memiliki 3 pembentuk tatanan tektonik mulai dari utara sampai selatan Bali.

Pilihan Redaksi

  • Soal Gempa 8,8 SR di Selatan Jawa, BMKG: Tak Perlu Panik, Perlu Mitigasi
  • BMKG dan BPBD Jawab Potensi Tsunami Pesisir Selatan Jawa Bali dan Kesiapan Bali
  • Gempa Nusa Dua Dimutakhirkan Menjadi 5.8 SR, BMKG Rinci Penyebabnya
  •  
    Kepala Bidang Manajeman Operasi Sismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu, BMKG Pusat, Arika Rudianto mengatakan untuk yang pertama berada di utara Bali, yakni didominasi adanya potensi gempa penunjaman balik Flores. 
     
    Meski dinilai sangat pelan, tidak terlalu banyak menimbulkan gempa, namun kata dia, secara konsisten tetap menimbulkan energi. Sumber kedua, lanjutnya, ada di darat seperti saat terjadi gempa di Bali tahun 1976 yang terjadi di daerah Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali yang menimbulkan korban ribuan orang. 
     
    "Prediksi ulang terjadi gempa belum diketahui kapan akan terjadinya. Sedangkan dilihat dari daerah lainnya ada lebih aktif, serta lebih banyak mengeluarkan energi kecil-kecil," ujarnya saat jumpa pers, Senin (22/7) di Tuban, Badung.
     
    Terakhir, menurutnya pembentuk tatanan tektonik di Bali ada di selatan Bali, Jawa dan selat Lombok dengan nama penunjaman dari lempeng Indo Australia terhadap lempeng Eurasia. Meski Bali dalam kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan, ia mengimbau kondisi kesiapsiagaan sangat penting diperhatikan. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : BMKG Bali Tektonik Eurasia Buleleng Gempa



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV