Informasi

Bupati Tanam Pohon di Beji Pura Dalem Desa Adat Nungnung

Jumat, 06 Desember 2019 | 17:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Istri Ny. Seniasih Giri Prasta melakukan gerakan penanaman pohon dan Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih yang dipusatkan di Beji Pura Dalem Desa Adat Nungnung Kecamatan Petang, Jumat (6/12). 

Pilihan Redaksi

  • Bupati Giri Prasta Diundang Jadi Narasumber di Hari HAM Sedunia
  • Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-43 PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung ini melibatkan OPD Badung, Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Direksi dan jajaran pegawai PDAM, siswa SD dan masyarakat Nungnung. 
    Dalam sambutannya Bupati mengatakan, program penanaman pohon merupakan salah satu upaya untuk menjadikan Badung bersih dan hijau serta melestarikan keberadaan sumber mata air. Bupati mengajak masyarakat Badung betul-betul mencari dan melestarikan sumber mata air dengan menanam pohon penghasil air. 
    "Coba kita lihat di Taman Mumbul Sangeh keberadaan mata airnya masih bagus. Disekelilingnya masih tumbuh pohon pule dan lainnya sebagai penghasil air. Maka sekarang kita harus lakukan klasifikasi mana tanaman penghasil air maupun penyerap air untuk menjaga kelestarian alam ini," jelasnya. 
    Giri Prasta juga mengatakan, jajarannya sudah mendata dari hulu, tengah dan hilir kaitannya dengan Daerah Aliran Sungai (DAS). Bupati berkomitmen DAS di Badung wajib ditanami pohon penghasil air hingga ke hulunya yang dikaitkan dengan program dari Pekaseh dan Pangliman. 
    "Saya inginkan DAS dapat menjadi tampak depannya perwajahan Badung. Untuk itu masyarakat harus ikut menjaga dengan tidak membuang sampah ke sungai," ajak Giri Prasta. 
    Terkait HUT PDAM, Bupati menyampaikan terima kasih atas program PDAM ini, diharapkan kedepannya lebih kompak dan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih optimal. 
    "Kedepan kegiatan PDAM dalam pelestarian sumber air dapat terus berlanjut dan kami inginkan juga PDAM dapat memberikan air minum secara gratis kepada masyarakat Badung," tegasnya. 
    Sementara Dirut PDAM Tirta Mangutama Badung I Ketut Golak melaporkan, dalam HUT ke-43 PDAM tahun 2019 ini pihaknya ingin berinteraksi dengan masyarakat dengan kegiatan penghijauan di Beji Nungnung. 
    Tujuannya untuk melestarikan hulu sungai, sesuai petunjuk Bupati agar melestarikan sumber daya alam, daerah hulu sungai sebagai sumber air dan resapan air hujan serta rekomendasi hasil monitoring dan evaluasi sumber daya air khususnya mendorong peningkatan peran CSR dalam gerakan penghijauan di wilayah hulu Kabupaten Badung.
    Disebutkan, sebelumnya Tim monitoring sumber mata air dari PDAM bekerjasama dengan Tim Bagian Sumber Daya Alam Setda Badung yang anggotanya terdiri dari Dinas PUPR, DLHK serta Dinas Pertanian dan Pangan telah menyisir sumber-sumber mata air di wilayah Badung Utara dan telah menemukan 18 titik sumber mata air. Untuk kegiatan penghijauan ditanam sebanyak 1.000 bibit pohon seperti alpokat, kelapa, nangka, manggis, durian dan pule, yang memiliki nilai ekonomis. 
    "Tidak hanya di Nungnung, PDAM Badung bertekad akan melaksanakan kegiatan serupa di tempat lain. Mari selamatkan mata air dengan menanam pohon penghasil air," jelasnya.   

    Penulis : Humas Badung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Bupati Badung Pura Dalem Desa Adat Nungnung



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV