Hukrim

BNN Berencana Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba di Tengah Masyarakat

Jumat, 26 Juli 2019 | 08:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Beritabali.com. Denpasar. Sekretaris Utama (Sestama) Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Irjen Pol. Adhi Prawoto mengatakan stigma yang ada di masyarakat membuat para penyalahguna sulit mengakses layanan rehabilitasi yang ada. 

Pilihan Redaksi

  • Krama Bali Jabat Kepala BNNP NTB yang Baru
  • BNNK Badung Bekuk Pengedar dan 3 Pengguna Sabu Dipasok dari Napi Lapas
  • Penyelundupan Narkoba: WN Peru Telan 950 Gram Kokain Senilai Rp2 M dalam Perut
  •  
    Hal inilah yang mendasari kegiatan Rehabilitasi kedepan dilaksanakan di masyarakat oleh masyarakat melalui kegiatan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) dan agen pemulihan
     
    "Layanan RBM dilaksanakan dalam bentuk memberikan layanan Komunikasi Informasi Edukasi, layanan psiko-edukasi dan spiritual kepada masyarakat Desa yang mengalami permasalahan atau kecanduan ringan terhadap narkoba secara suka rela," jelasnya.
     
    Tujuan RBM tersebut, jelasnya, yaitu mengidentifikasi masalah, memberikan edukasi, melakukan penjangkauan untuk mempermudah akses layanan, memberikan dukungan kesehatan dan sosial serta spiritual,

    Pilihan Redaksi

  • Polisi Sudah Menangkap Pembunuh Orok Bayi di Kolam Pertokoan Sudirman
  • Hari Raya Galungan, 10 Unit Rumah Kos di Sesetan Hangus Terbakar
  • melakukan rujukan ke layanan, melibatkan keluarga agar turut serta menjamin bahwa layanan rehabilitasi bisa terus berjalan. 
     
    "Agen pemulihan bertugas menerima laporan dari masyarakat. Klien-klien yang telah menyelesaikan terapi agar tetap dimonitor untuk menjaga pemulihan. Adanya program agen pemulihan mempunyai tugas yang terbagi dalam pemantauan, pendampingan serta bimbingan lanjut. Kegiatan tersebut akan dijalankan oleh masing-masing agen pemulihan yang dilatih dan diberi pelatihan," bebernya.
     
    Tantangan kedepannya adalah bagaimana memberdayakan perangkat desa agar desa memiliki daya tahan agar memiliki ketahanan. Khususnya optimalisasi babinsa dan babinkamtibmas. Diharapkan semua elemen masyarakat mampu menjadi agen pemulihan untuk menghindarkan diri, keluarga serta lingkungan sekitarnya agar tidak terpengaruh untuk menggunakan narkotika. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : BNN Rehabilitasi Masyarakat Agen Pemulihan Rbm Sestama



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV