Parpol Harus Perhatikan Penjaringan dan Penyaringan Calon Bupati dan Wali Kota - Beritabali.com

Politik

Parpol Harus Perhatikan Penjaringan dan Penyaringan Calon Bupati dan Wali Kota

Kamis, 19 Desember 2019 | 09:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Partai politik harus memperhatikan penjaringan dan penyaringan agar menghasilkan satu paket pasangan calon Bupati maupun Wali Kota agar dapat mengawal implementasi program parpol yang nantinya benar-benar tercermin dari program dan pelaksanaan atau kegiatan dalam memimpin pemerintahan. 

Pilihan Redaksi

  • Bawaslu Bali Sosialisasi Pengawasan Pilkada pada Pramuka
  • KPU Pesimistis Ada Calon Perseorangan di Pilkada Karangasem 2020
  • Demer: Tidak Ada Istilah Mahar untuk Calon Golkar di Pilkada 2020
  • Demikian disampaikan Akademisi hukum Universitas Udayana (Unud), Made Pria Dharsana, Rabu (18/12) di Kuta, Badung. 
    "Jika dilihat dari sudut pandang saya pribadi, memang partai politik telah memiliki mekanisme penjaringan dan penyaringan guna menghasilkan satu paket pasangan calon. Jika bisa hal tersebut tetap dilakukan oleh partai Politik," jelasnya.
    Memang masing-masing memiliki cara, akan tetapi apapun cara masing-masing partai politik jika bisa harus transparan. Selain itu, harus diperhatikan menjadi syarat  partai politik mencalonkan orang atau orang lain, yang dicalonkan mestinya harus ada beberapa hal penting tetap diperhatikan.
    "Ada beberapa hal sangat perlu diperhatikan, seperti ada rekam jejeknya, kapabilitasnya seperti apa, kompetensi juga. Jika orang  tidak kompeten, meski mempunyai kapasitas. Akhirnya tentu akan menjadi tidak kompeten juga. Bagaimana nanti akan mengatur jalan pemerintahannya saat menjabat, ini akan menjadi sangat berat,"ujarnya.
    Selanjutnya spiritualitas juga penting diperhatikan, sehinga setiap program, rencana program dan pelaksanaan program jika bisa disampaikan berdasar Dharma (perbuatan baik).
    "Jika demikian tentu tidak akan ada benturan, program dijalani tidak memiliki kolerasi dengan kepentingan masyarakat, atau istilahnya dipaksakan," ucapnya.
    Terakhir, yaitu loyalitas tentu dalam hal ini jika sudah menjabat sebagai Bupati atau Walikota terpilih nantinya, tentu loyalitas tidak akan ke partai lagi jika bisa. Akan tetapi, loyalitasnya  harus mengarah kekepentingan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat. 
    Dia menambahkan, dengan demikian baru akan tercermin implementasi dari program partai politik, yang dikawal atau dititipkan. Untuk menjadi bagian dari calon, baik Bupati atau Wakil Bupati, kemudian dipersentatifkan pilihan dari berdua benar-benar tercermin dari program dan pelaksanaan atau kegiatan-kegiatan pemerintahan. "Nanti akan kita lihat, alat ujinya benar atau tidak. Apa telah dicanangkan apa menjadi progaram partai menyerap aspirasi masyarakat, agar benar-benar di jalankan sebagai bagian kegiatan-kegiatan pemerintahan," pungkasnya.

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Penjaringan Penyaringan Parpol Calon Bupati Wali Kota


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV