2020, BPBD Bali Waspadai Potensi Bencana Hidrometereologi dan Vulkanologi - Beritabali.com

HOME / NEWS

2020, BPBD Bali Waspadai Potensi Bencana Hidrometereologi dan Vulkanologi

Jumat, 03 Januari 2020 | 10:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Hasil rekapitulasi data bencana Provinsi Bali tahun 2019 bersumber dari BPBD Provinsi Bali melalui UPTD. Pengendalian Bencana Daerah (Pusdalops PB) menunjukan tren peristiwa menurun, dan korban bencana menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.   Hal ini disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin, Kamis (02/01/2020).  Selama tahun 2019, BPBD Provinsi Bali mencatat kejadian 1.094 kejadian bencana yang didominasi hidrometereologi seperti kekeringan, banjir, tanah longsor.

Pilihan Redaksi

  • HUT ke-11 BPBD Kota Denpasar Gelar Beragam Kegiatan Sosial
  • BPBD Kembali Distribusi 5.000 Liter Air Bersih Untuk Warga Seraya Timur
  • Adapun persentasenya adalah 81 % bencana hidrometereologi dan 19 % geologi. Dari angka tersebut , BPBD Provinsi Bali mencatat dampak korban jiwa akibat bencana 2 korban meninggal. Sedangkan data kerugian sebesar Rp.8.792.100.000. 
    Prakiraan Potensi Bencana 2020 
    Melihat dari proyeksi prakiraan bencana tahun 2020 dan berbagai sumber dari lembaga serta pakar, dan tren yang harus diwaspadai adalah jenis bencana hidrometereologi  dan  geologi seperti kekeringan, cuaca ekstrim, gempa bumi, bencana vulkanologi seperti erupsi gunung api. 
    Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali mengimbau agar masyarakat Bali tetap waspada dan menggunakan informasi peringatan dini yang terpercaya dalam pengambilan keputusan kesiapsiagaan. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo dalam rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana dimana disebutkan pencegahan adalah hal mutlak dan harus segera dilaksanakan.
    “Urusan bencana adalah urusan bersama, sinergi pemerintah dan masyarakat dengan mengutamakan kearifan lokal Bali  akan  menguatkan kesiapsiagaan bencana,” tutup Made Rentin.

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : BPBD Bali Potensi Bencana 2020 Hidrometereologi Vulkanologi


    Info Iklan

    Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV