Politik

KPU Tabanan Siapkan Rancangan Pilkada Kotak Kosong

Selasa, 01 Oktober 2019 | 22:55 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan menyiapkan rancangan Pilkada kotak kosong. Hal ini dilakukan melihat peta perolehan kursi di DPRD Tabanan yang didominasi oleh PDI Perjuangan pada Pemilu Legislatif 2019.   Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa menyebutkan, pihaknya tetap melakukan perencanaan Pilkada dengan kotak kosong karena melihat peta politik di Tabanan. Ia menjelaskan, dari perolehan kursi, PDI Perjuangan bisa mengusung calon sendiri. Sisanya, bertumpu pada Partai Golkar yang meraih lima kursi. 

Pilihan Redaksi

  • KPU Karangasem Bakal Asuransikan Penyelenggara Pemilu
  • KPU Karangasem Lega Anggaran Pilkada Segera Diteken
  • KPU Tabanan Ketar-Ketir Soal Dana Pilkada
  •  “Jika diluar Partai Golkar, rasanya tidak bisa karena jumlah totalnya tujuh kursi. Di Tabanan minimal delapan kursi untuk mengusung calon,” kata Weda, (1/9).    Weda tidak berani menyatakan jika hitungan itu pasti akan terjadi. Namun sebagai penyelenggara, pihaknya hanya melakukan ant

    Pilihan Redaksi

  • Musim Paceklik Ikan dan Lobster, Nelayan Yeh Gangga Buka Wisata Jelajah Sungai
  • Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Artha Ajak Rawat Kebhinekaan
  • Musnahkan BB Narkotika, BNNP NTB Blender Shabu Senilai Rp 800 Juta
  • isipasi. “Kami penyelenggara, bukan pengamat politik,” ujarnya.    Sementara untuk calon independen, di Tabanan agak berat karena harus mengumpulkan 32 ribu dukungan berupa KTP. Angka itu merupakan syarat 8,5 persen dari jumlah pemilih terakhir pelaksanaan Pemilu. “Terakhir 366.150 jumlah pemilih Pemilu,” kata Weda.   Selain itu, KPU Tabanan berharap bisa melakukan studi banding bersama Badan Kesbangpol Tabanan ke Kota Makasar karena Pilkada terakhirnya kotak kosong yang menang.    Pemilihan Wali Kota Makasar pada pertengahan 2018 dimenangkan oleh kotak kosong dan menjadi pertama di Indonesia.   “Kami tidak ada anggaran untuk studi banding dan berharap difasilitasi oleh Kesbangpol. Teman-teman di wilayah lain juga seperti itu,” ujar Weda.   Weda menilai, Badung merupakan wilayah yang berpotensi melakukan Pilkada dengan kotak kosong selain Tabanan. (bbn/tab/rob)    

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : KPU Tabanan Pilkada Kotak Kosong



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV