Dampak Kemarau, di Karangasem Petani Saling Intip Jaga Pasokan Air - Beritabali.com

HOME / NEWS

Dampak Kemarau, di Karangasem Petani Saling Intip Jaga Pasokan Air

Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:35 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Musim Kemarau rupanya membuat para petani di wilayah Desa Abang saling intip demi mendapatkan pasokan air untuk mengaliri sawahnya.

Pilihan Redaksi

  • Kekeringan Mematikan, Puluhan Juta Jiwa Terancam Bencana
  • Petani Pencari Bambu Nyaris Tewas Jatuh ke Jurang Sedalam 40 Meter
  • Subak di Desa Kaba-Kaba, Kediri Kekeringan
  •  
    Kondisi ini disebabkan oleh megecilnya debit air dari mata air sebagai dampak dari musim kemarau yang melanda wilayah tersebut sehingga para petani mau tidak mau harus memutar otak agar tanaman padinya tetap bisa hidup.
     
    Menurut I Made Dugdug salah seorang petani asal Desa Abang kondisi debit air yang mulai mengecil akibat musim kemarau ini memaksa dirinya dan petani lainnya  saling mencuri kesempatan untuk mengalirkan air ke lahan sawahnya masing-masihg.
     
    "Mau gimana lagi, ketimbang merugi, demi mendapatkan air ada yang menunggu sampai malam hari bahkan ada yang sampai subuh," kata Dugdug pada Selasa (20/08/2019).
     
    Begadang saja tidak cukup untuk mendapatkan air, saat mendapat pasokan air, dirinya juga harus menunggu agar tidak diambil alih oleh pe

    Pilihan Redaksi

  • Pengacara Tidak Menyangka Jaksa Tuntut Kedua Terdakwa 17 Tahun Penjara
  • Dituntut 5 Tahun, Pasangan Peracik dan Pengedar Ganja Gorila Minta Keringananan Hukuman
  • Raperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan Resmi Ditetapkan Menjadi Perda
  • tani lainnya. Karena sempat juga beberapa waktu lalu ditinggal pergi beberapa saat kemudian sudah ada yang ambil alih.
     
    Demi mendapatkan air, Dugdug juga kerap kali seperti bermain petak umpet dengan sesama petani lainnya diam diam saling mengawasi agar tidak ada terjadi sabotase saluran. Kondisi seperti ini memang telah rutin dirasakan oleh para petani Desa Abang ketika memasuki musim kemarau debit air mengecil yang berujung areal persawahan kekurangan pasokan air.
     
    Para petani hanya bisa bersabar menghadapi situasi seperti ini, seperti dikatakan I Ketut Rentug yang juga petani di Desa Abang, meski kesal tidak ada yang bisa dilakukan hanya bisa bersabar sampai musim hujan tiba.
     
     "Kondisi ini memang sudah musiman ya harus bersabar, dari pada lahan kosong lebih baik kita tanami saja meski berpotensi gagal panen akibat kekurangan air," tuturnya. (bbn/igs/rob)

    Penulis : bbn/igs

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Petani Kekurangan Air Kekeringan Jaga Pasokan Karangasem


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV