News

Buka PIMNAS ke-32, Menristekdikti: Sains dan Teknologi Kunci Kehidupan Terbuka dan Modern

Selasa, 27 Agustus 2019 | 23:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menrsitekdikti) Mohamad Nasir mengatakan penguasaan sains dan teknologi merupakan salah satu kunci untuk merintis kehidupan yang lebih terbuka dan modern. 

Pilihan Redaksi

  • Teknologi Revolusi Industri 4.0 Melimpah Dipajang di Lapangan Puputan Renon
  • Kemenristekdikti Inisiasi Model Pengukuran Indeks Daya Saing Daerah yang Holistik
  • Menristekdikti Apresiasi Printer 3D "Made in Bali"
  •  
    “PIMNAS, dapat menjadi salah satu kegiatan strategis dan inovatif untuk mendukung pencapaian SDM yang unggul,” ujarnya, Selasa (27/8) di Badung. 
     
    Ia berharap, melalui PIMNAS ini dapat hadir karya-karya inovasi mahasiswa yang lebih kreatif, baik dalam bidang teknologi, sains, sosial, humaniora maupun dalam bidang-bidang lain sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat pada umumnya.
     
    Namun demikian Menristekdikti menyampaikan sebenarnya tugas besar tidak hanya mengembangkan kreativitas mahasiswa. Tapi juga memberikan ruang lebih terbuka untuk melakukan inovasi baru dengan dimensi pengembangan yang lebih luas.
     
    “Misalnya melalui peningkatan anggaran riset terutama di perguruan tinggi untuk mendorong munculnya temuan-temuan baru yang lebih bermanfaat. Hasil-hasi riset yang dilakukan harus mampu digunakan sebagai masukan strategis bagi pemerintah dalam merumuskan setiap kebijakan. Sehingga hadir sinegritas berbagai kalangan dalama menggerakkan pembangunan,” ujarnya.
     
    Dalam kesempatan dan waktu yang sama, Rektor Universitas Udayana, Prof. A.A. Raka Sudewi dalam laporannya mengatakan PIMNAS ke-32 ini diikuti 1.614 mahasiswa dan 460 dosen pendamping dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia. 
     
    Mereka terbagi dal

    Pilihan Redaksi

  • Berwisata Gowes ke Senggigi, Atlet Hoki Malaysia Meninggal di Jalan
  • Kebakaran Hutan Lereng Gunung Agung, Teramati Dua Titik Api
  • Kedua Remaja Tersangka Dijerat Pasal Berlapis Terancam 15 Tahun Penjara
  • am 460 tim terpilih dari Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai tahun 2019 sebanyak 3.621 Proposal.
     
    "PIMNAS merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) di bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa," katanya.
     
    Kegiatan PIMNAS bertujuan menciptakan iklim ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tercipta mahasiswa Indonesia yang lcreatif, Inovatif, unggul, mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan. 
     
    Dia berharap, melalui PIMNAS akan menghasilkan banyak produk kreatif dan inovatif yang dapat dilanjutkan serta dikembangkan menjadi produk komersial atau nilai tambah.
     
    “Kami tentu berharap seluruh peserta dapat berkompetisi sesuai dengan ketentuan peraturan yang telah dibuat, sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan bersama,” harapnya. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : PIMNAS Menristekdikti Sains Teknologi



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV