News

BMKG Prakirakan Masa Awal Musim Hujan di Bali Mulai November

Rabu, 11 September 2019 | 13:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Beritabali.com, Tuban. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Bali akan mengalami keterlambatan masa hujan selama 10 hari hingga 30 hari kedepan.

Pilihan Redaksi

  • PMI Distribusi 60.000 Liter Air Bersih di Wilayah Terdampak Kekeringan di Bali
  • BPBD Distribusikan 5.000 Liter Air Bersih bagi Warga Paleg yang Dilanda Kekeringan
  • BMKG Buat Ajakan Kocak Ini Soal Viral KKN Desa Penari
  •  
    Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Mohamad Taufik Gunawan menjelaskan kondisi ini mengakibatkan masa puncak kemarau yang biasanya terjadi pada Juni, Juli, Agustus, tahun ini akan menginjak hingga September 2019. Dikatakan, meski terdeteksi hujan pada bulan September dan Oktober, namun intensitasnya tidak banyak seperti puncaknya pada November dan Desember mendatang yang paling banyak di .
     
    "Karena gangguan dinamis karena masih kuatnya angin timuran akibatnya musim kemarau biasanya terjadi pada Juni, Juli hingga Agustus tahun ini puncaknya mencapai September dan musim hujan yang biasanya pada Oktobeer mundur hingga 10 hingga 30 hari kedepan," ujarnya, saat jumpa pers, Rabu (11/9/2019) di Tuban, Badung mengenai Prakiraan musim hujan 2019/2020 di Bali.

    Pilihan Redaksi

  • Desa Adat Pucang Keluarkan Perarem Denda Rp1 Juta bagi Pendaki Naik Gunung Agung
  • Ekonomi Bali Triwulan III Diprediksi Terakselerasi Naik 5,90%
  • Kemen ESDM Anggarkan Rp100 M Bangun Politeknik Energi Baru Terbarukan di Bangli
  •  
    Dari keterangan rilis BMKG, berdasarkan hasil analisis serta pertimbangan kondisi fisis dan dinamika atmosfer, prakiraan musim hujan tahun 2019/2020 pada 15 zona musim (ZOM no 205 sampai dengan 219) di Bali disebutkan prakiraan awal musim hujan 2019/2020 pada 15 zona musim (ZOM) di Bali, diprakirakan umumnya berkisar pada bulan November 2019. 
     
    Adapun rinciannya dari sebanyak 11 Zom, awal musim hujan antara November dasarian II-III, meliputi Jembrana bagian barat, Buleleng/Jembrana bagian utara, Jembrana/Tabanan bagian selatan, Tabanan/Badung/Gianyar, Tabanan/Bangli bagian barat laut, Buleleng bagian utara, Bangli bagian utara, Karangasem bagian tengah, Gianyar bagian selatan, Klungkung bagian selatan, Karangasem bagian selatan, Tabanan bagian selatan, Badung bagian selatan dan Kodya Denpasar.
     
    Sebanyak 4 Zom, awal musim hujan antara Desember dasarian I-II, meliputi, Buleleng bagian barat, Buleleng bagian timur, Karangasem bagian utara, Karangasem bagian timur dan Nusa Penida. (bbn/aga/rob)

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : BMKG Musim Awal Hujan Bali Terlambat



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV