News

Pemkot Denpasar Didorong Lindungi Hasil Penelitian Pelajar Melalui Paten

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar didorong untuk melindungi hasil karya pelajar di Denpasar yang berupa hasil penelitian melalui pengurusan hak paten. 

Pilihan Redaksi

  • Pemkot Denpasar Targetkan Seluruh Program kerja OPD Berdasarkan Hasil Penelitian
  • Tumbuh Kembangkan Peneliti Muda, Pemkot Gelar Festival Inovasi Denpasar
  • Penyair dan Peneliti Sastra: Putri Koster Pembaca Puisi Terbaik di Indonesia
  • Langkah ini menjadi penting agar hasil pemikiran dan hasil penelitian tersebut tidak diklaim oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Kepala Sekolah SMPN 3 Denpasar I Wayan Murdana mengungkapkan selama ini cukup banyak hasil-hasil penelitian pelajar di Kota Denpasar yang sangat aplikatif dan bernilai guna. 
    Kelemahan yang ada selama ini hasil-hasil penelitian tersebut belum ditindaklanjuti dengan pengurusan paten. 
    “Hasil penelitian mereka itu sebenarnya tidak ternilai harganya, contoh rompi anti peluru, mestinya jika bisa diproteksi oleh pemerintah dan ditindaklanjuti oleh pemerintah menjadi asset negara. Inilah yang harus diperhatikan agar apa yang diteliti anak itu tidak mubasir” ungkap Murdana saat dikonfirmasi di sela-sela pembukaan Festival Inovasi Denpasar pada Sabtu (19/10).
    Murdana berharap hasil-hasil penelitian pelajar Denpasar tidak terhenti pada lomba tetapi ditindaklanjuti menjadi sebuah produk yang berguna bagi masyarakat dan dilindungi melalui pengurusan paten. 
    Belum lagi hasil-hasil penelitian pelajar di Denpasar cukup sering mendapatkan penghargaan ditingkat internasional, sehingga sudah saatnya dilindungi melalui pembuatan paten.
    Murdana juga berharap Pemkot Denpasar memberikan dukungan pendanaan bagi penelitian pelajar yang potensial untuk dikembangkan. Termasuk juga menyiapkan sarana berupa peralatan laboratorium untuk mendukung proses penelitian.

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pemkot Penelitian Paten



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV