News

Pemasangan Wifi Gratis di Tabanan Baru 85 Titik dari 393 Lokasi

Selasa, 24 September 2019 | 08:22 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Pemasangan wifi gratis Bantuan Keuangan Khusus (BKK) di Kabupaten Tabanan belum sepenuhnya bisa dinikmati masyarakat. 

Pilihan Redaksi

  • Urus Izin Ribet dan Lama, Ribuan UMKM di Tabanan Belum Berizin
  • Usulan Lowongan 359 ASN di Tabanan Dapat Lampu Hijau dari Kemenpan-RB
  • Secret Garden Village Dukung Pemilihan Jegeg Bagus Tabanan 2019
  •  
    Dari 393 titik yang dipasang, baru 85 titik wifi yang on. Sisanya masih menunggu penyambungan sebab ada daerah yang jarak penarikan kabelnya sangat panjang hingga mencapai 1.600 kilometer. 
     
    Kabid Teknis Informasi dan Komunikasi Dewa Gede Suwangsa didampingi Kasi Infrastruktur I Made Adi Wibawa menjelaskan pemasangan wifi gratis bantuan BKK Badung pada intinya seluruhnya telah berproses. Hanya saja dari 393 titik yang dipasang per tanggal 20 September baru 85 titik yang on sisanya masih proses pemasangan. "Pada intinya seluruhnya telah berproses," ujarnya, Senin (23/9). 
     
    Menurut Wibawa titik wifi yang belum hidup tersebut karena ada beberapa kendala. Diantaranya penarikan kabel yang mencapai 1.600 kilometer, bahkan ada lokasi tertentu penarikan kabel dari distribusi point sampai 25 kilometer. "Itu yang agak sedikit lambat penarikanya terlalu panjang. Selain itu keterlambatan alat dari rekanan sebab banyak kabel yang diperlukan," jelasnya. 
     
    Dari 10 kecamatan penarikan kabel yang terlalu jauh ada di Desa Wanagiri, Kecamatan Selemadeg, Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Baturiti. Namun dari 10 kecamatan itu rata-rata titik lokasi yang dipasang wifi gratis sudah on dan bisa dinikmati masyarakat. Termasuk juga di tempat-tempat wisata yang ada di Tabanan
     
    "Yang belum sama sekali wifi o

    Pilihan Redaksi

  • Lantik Pengurus, Media Siber Diharapkan Kawal Pemulihan NTB
  • Urus Izin Ribet dan Lama, Ribuan UMKM di Tabanan Belum Berizin
  • Pemuda Stres Rusak Mobil yang Terparkir di Bypass Ngurah Rai
  • n ada di Kecamatan Marga dan Kecamatan Pupuan," tegasnya. 
     
    Suwangsa menarget wifi yang belum terpasang dan on diusahakan selesai di akhir Setptember 2019. Bahkan jika sudah terpasang dan on seluruhnya akan dievaluasi dan dicek agar benar-benar bisa dipergunakan. "Evaluasi kami akan lakukan di 393 titik tersebut supaya benar-benar dapat dinikamti masyarakat," ujarnya. 
     
    Seperti berita sebelumnya Tabanan mendapatkan bantuan wifi gratis dari BKK Provinsi sebanyak 393 titik. Rincianya 349 titik untuk Desa Adat, 20 titik di Puskesmas dan 24 titik di obyek wisata. Pemasangan diminta sesuai juknis diletakkan di tempat umum seperti Balai Banjar dan tempat keramaian.
     
    Sementara total anggaran yang diterima oleh Pemkab Tabanan dalam pemasangan wifi gratis tersebut berjumlah Rp 2.161.500.000. Dimana kecepatan bandwit per satu titik wifi mencapai up to 20 mbps. Sinyal dari wifi gratis ini dipastikan sampai ke pelosok desa. (bbn/tab/rob)

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Wifi Gratis Tabanan Badung Selemadeg Baturiti



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV