Kesehatan

Baru 4 Rumah Sakit di Bali Jadi Penyelenggara Wisata Medis

Senin, 04 November 2019 | 11:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Dalam rancangan peraturan daerah (perda) standar kualitas pelayanan kesehatan yang akan dikeluarkan Pemprov Bali, rencananya akan diatur standarisasi pelayanan kesehatan, wisata kesehatan dan pengobatan tradisional Bali.

Pilihan Redaksi

  • Menyusuri Bukit Campuhan, Wisata Murah dan Sehat
  • Bea Cukai Ngurah Rai Ringkus 2 Wisatawan Bawa Kokain ke Bali
  • Angkat Potensi Budaya Sebagai Desa Wisata, Desa Munggu Gelar Pragmentari Mekotek
  • Khusus tentang wisata kesehatan (medis), dari 67 rumah sakit yang terdaftar di Bali, hanya 4 rumah sakit  yang telah menerapkan diantaranya RS Bros, Siloam, BIMC Kuta dan Nusa Dua. Hal ini diungkapkan Ketua Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PPERSI), dr. Gede Wiryana Patra Jaya, M.Kes saat produsen teknologi Philips memperkenalkan sistem IntelliSpace Critical Care and Anesthesia (ICCA) dan Philips IntelliVue Guardian Software (IGS) pada Rumah Sakit Ibu sebagai rumah sakit pertama yang menerapkannya belum lama ini di Jimbaran, Badung.
    Dikatakan rumah sakit yang terpilih sebagai wisata medis, sebelumnya sudah menjalankan program dan terdaftar dalam asosiasi rumah sakit yang menyelenggarakan program wisata medis. Ia menyebutkan dari 4 RS tersebut beberapa telah mempunyai pasien dari luar negeri seperti China dan Austrakia untuk program bayi tabung dan bedah plastik.
    Patra Jaya menekankan perbedaan antara wisata medis (medical tourism) dengan pengobatan selama melakukan perjalanan (travel medicine). Dimana yang pertama orientasi pertama memang melakukan pengobatan baru berwisata, sedangkan yang kedua melakukan wisata tetapi mengalami gangguan kesehatan. 
    Dalam perda nantinya juga akan diatur mengenai pembentukan komite yang akan berbeda statusnya dengan dinas kepemerintahan. 

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Wisata Medis Bali Rumah Sakit



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV