Informasi

Wujudkan Karya Utama Harus Dilandasi Keseimbangan Kesucian Sekala dan Niskala

Rabu, 09 Oktober 2019 | 15:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri dan ikut ngrastitiang (mendoakan) Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Madudus Agung, Mapeselang medasar Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Puseh Kangin, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Selasa (8/10). 

Pilihan Redaksi

  • Wabup Suiasa Ajak Sekaa Teruna Belajar Kegiatan Adat, Seni dan Budaya
  • Wabup Suiasa: Sekaa Teruna Harus Bisa Jaga Diri Pilah Mana Baik dan Buruk
  • Wabup Suiasa Ajak Sekaa Teruna Dukung Program Desa Adat
  • Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati melakukan persembahyangan bersama dan berkesempatan mendem pedagingan pada salah satu pelinggih. Suiasa juga menyerahkan bantuan dana aci sebesar Rp. 600 juta. 
    Menurut Suiasa, karya yang dilaksanakan krama Desa Adat Tegal Darmasaba ini adalah karya yang utama. Agar dapat mewujudkan karya utama, haruslah dilandasi dengan keseimbangan kesucian sekala dan kesucian niskala. Artinya kesucian sarana upakara yang dihaturkan harus diimbangi dengan kesucian sekala yaitu krama sendiri harus membawa pikiran, perkataan maupun perbuatan yang baik dan suci. 
    "Mari kita semua di pawongan ini memiliki manah suci, tingkah laku yang baik, agar apa yang menjadi tujuan karya ini dapat terwujud demi keselamatan alam dan kesejahteraan masyarakat, Tegal, Darmasaba maupun jagat Badung," imbuhnya. 
    Selain itu kehad

    Pilihan Redaksi

  • Tradisi "Neruna", Berkunjung ke Rumah-Rumah Warga Jika Beruntung Langsung Dapat "Bajang"
  • Jaksa Beberkan Gadis 21 Tahun Asal Karangasem Cemburu Aniaya Pacarnya
  • Tergoda Nyabu lagi, Residivis Konsumsi dan Simpan Sabu 2,5 Gram
  • iran Beliau mewakili pemerintah dan hadirnya DPRD juga sebagai wujud dukungan sekaligus ikut ngrastitiang karya agar keutamaan karya meningkat. "Harapan kami melalui karya ini, krama disini juga ikut ngrastitiang jagat Badung agar tetap aman, tentram dan masyarakatnya sejahtera," jelas Suiasa.   Bendesa Adat Tegal, I Made Lipur menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemkab badung, sehingga pelaksanaan karya dapat berjalan dengan baik termasuk pembangunan pura sudah tuntas. Mengenai dudonan karya, telah dimulai sejak 28 Agustus lalu dengan matur piuning. Pada, Selasa (8/10) ini dilaksanakan upacara melaspas dan mendem pedagingan serta melaspas petapakan. Sementara Tawur Balik Sumpah pada (17/10) dan Puncak Karya bertepatan dengan buda umanis prangbakat (23/10) mendatang.
    Hadir mendampingi Wabup Suiasa, Ketua DPRD Provinsi Bali diwakili anggota I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung Ni Luh Putu Sekarini, I Nyoman Gede Wiradana, Made Ponda Wirawan dan Kabag Humas Setda Badung Made Suardita.  

    Penulis : Humas Badung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Wabup Suiasa Karya Utama Keseimbangan Kesucian Sekala Dan Niskala



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV