News

PMI Distribusi 105.000 Liter Air Bersih untuk Masyarakat Karangasem

Senin, 23 September 2019 | 19:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia mulai Juli sampai Oktober 2019 mengakibatkan sebanyak 64,94 persen wilayah Indonesia mengalami curah hujan kategori rendah (di bawah 100 mm/bulan) pada bulan Agustus 2019. 

Pilihan Redaksi

  • PMI Klungkung Bagi-Bagi Sembako kepada Warga Lansia dan KK Miskin
  • Sertifikasi Kompetensi Penanggulangan Bencana, 47 Orang Dinyatakan Kompeten
  • PMI Distribusi 60.000 Liter Air Bersih di Wilayah Terdampak Kekeringan di Bali
  •  
    BMKG menyatakan kemarau tahun 2019 akan menyebabkan kekeringan panjang akibat beberapa faktor yaitu fenomena El Nino, kuatnya Muson Australia, dan anomali peningkatan suhu udara akibat perubahan iklim.
     
    Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karangasem sebagai bagian organisasi PMI di wilayah Kabupaten Karangasem, menyadari bahwa pada beberapa Desa di Kabupaten Karangasem mengalami kekeringan cukup parah yang disebabkan musim kemarau yang panjang sehingga Desa yang mengandalkan air hujan sebagai sumber air cadangan mengalami kesulitan  mendapatkan air bersih untuk dapat dipergunakan dalam kehidupannaya sehari-hari.
     
    Menyikapi hal tersebut maka PMI Kabupaten Karangasem sejak Agustus sampai dengan September 2019 telah mendistribusikan air bersih dengan menyasar 12 (dua belas) titik distribusi dengan total sebanyak 105.000 liter air bersih yang terdistribusikan di wilayah Kabupaten Karangasem bagian utara yang mengalami masalah dalam penyediaan air bersih yang tersebar di wilayah Kecamatan Abang, Bebandem, Kubu dan Karangasem. 
     
    "Penyaluran air bersih ini menyisir beberapa desa yang tersebar di beberapa kecamatan di Karangasem, diantaranya Desa Nawa Kerti, Desa Bhuana Giri, Desa Bukit, Desa Ban, Desa Tianyar Tengah, dan Desa Datah yang sejak pertengahan tahun 2019," seperti yang disampaikan Agus Dwi Hartono Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Karangasem  yang sekaligus sebagai Koordinator kegiatan Distribusi Air bersih. 
     
    “Dan masyarakat sangat senang dengan kegiatan distribusi air bersih yang dilakukan PMI” imbuhnya.
     
    Senada dengan yang disampaikan Koordinator Distribusi PMI, Bapak Nyoman Sujana selaku Kelian Dinas Banjar Dalem, Desa Tianyar Tengah m

    Pilihan Redaksi

  • SMPN 3 Mengwi dan SD 3 Legian, Juara 1 FLS2N Tingkat Nasional
  • Tim Rescue dari Perancis Latih Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Badung
  • Reuni Miss Universe 2015 di Bali Safari & Marine Park
  • engatakan sangat bahagia dan terharu mendapat bantuan dan pertolongan air bersih dari PMI Kabupaten Karangasem
     
    "Saya sangat berterima kasih, merasa sangat bahagia sekaligus terharu atas bantuan yang diberikan PMI Kabupaten Karangasem dalam bentuk air bersih untuk digunakan oleh warga kami. Memang kami mengandalkan air hujan sebagai sumber cadangan air, tetapi karena musim kemarau panjang semenjak Bulan April lalu, kami mengalami kesulitan dalam sanitasi khususnya air bersih untuk digunakan sehari-hari" ucapnya.
     
    Kegiatan ini distribusi air bersih terselenggara dengan baik berkat kerjasama yang baik antara PMI dan masyarakat yang memberikan informasi terkait kebutuhan air di Bali pada umumnya dan Karangasem pada khususnya. Dan untuk selanjutnya, informasi yang masuk ditindaklanjuti PMI melalui pendistribusian air bersih. Dan pastinya semoga dengan adanya kegiatan ini mampu membantu masyarakat yang membutuhkan khususnya dalam ketersediaan air bersih. (bbn/rls/rob)

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : PMI Distribusi Air Bersih Karangasem BMKG Tianyar



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV