News

Sekitar 25% Wilayah Bali Masih Alami Kesenjangan Ketersediaan Akses Internet

Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:15 WITA

beritabali.com/Mul

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Sekitar 25% wilayah Bali hingga saat ini masih mengalami kesenjangan ketersediaan akses internet. Diperkirakan hanya 75% wilayah Bali yang menikmati layanan akses internet yang memadai.

Pilihan Redaksi

  • Didik Masyarakat Cerdas, Disperindag Gianyar Gelar Edukasi Perlindungan Konsumen
  • 5 Jempana dan 3 Bangunan Pura Puseh Desa Adat Muntig Hangus Terbakar
  • Polres Karangasem Ringkus 4 Pecandu Narkoba
  • Manajer Penjualan Biznet Wilayah Indonesia Timur Bagus Wicaksono mengungkapkan wilayah Bali yang masih mengalami kesenjangan ketersediaan akses internet sebagian besar berada di daerah pedalaman di kabupaten Karangasem, Bangli, Klungkung dan Buleleng.
    “Kayak misalkan Karangasem, Bangli agak naik ke tengah, kalau Singaraja agak ke Timur,” ungkap Bagus Wicaksono saat dikonfirmasi di Denpasar pada Selasa (15/10).
    Menurut Bagus Wicaksono, kesenjangan ketersediaan akses internet terjadi karena keterbatasan pembangunan infrastruktur pendukung. Dimana untuk membangun infrastruktur pendukung penyediaan internet masih mengalami kendala di lapangan.
    “Kendala utama yaitu estetika yang dibangun oleh daerah. Untuk bisa melayani suatu area terkadang tidak boleh ada tiang, tidak boleh ada kabel,” papar Bagus.
    Bagus memaparkan potensi bisnis penyediaan akses internet di Bali masih terbuka sangat lebar. Begitu juga pangsa pasar juga cukup menjanjikan, kendati pemerintah provinsi Bali telah melakukan penyediaan internet melalui program wifi gratis hingga tingkat banjar.
    “Wifi gratis kan di tempat umum, yang pemerintah juga berikan adalah tempat umum, tetapi terkadang orang ingin privasi, dia juga ingin di rumahnya merasakan hal yang sama yang dia rasakan di luar,” kata Bagus.
    Bagus mengungkapkan penyediaan akses internet yang merata sangat penting bagi Bali yang telah menjadi daerah tujuan pariwisata dunia. Mengingat wisatawan akan merasa nyama selama berlibur dengan adanya fasilitas internet yang memadai.
    “Akan berdampak baik bagi wisatawan, wisatawan gak cepat-cepat mau balik, dia bisa long stay,” ujar Bagus.

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Nengah Muliarta


    TAGS : Akses Internet Kesenjangan Bali Denpasar



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV