News

Makna Replika Barong di Pintu Masuk Taman Jagat Karana

Kamis, 21 November 2019 | 21:45 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Sosok replika Barong ditempatkan tepat berhadapan dengan akses puntu masuk pengunjung di bagian sisi timur Taman Jagat Karana, Jalan Veteran, Amlapura.

Pilihan Redaksi

  • Keamanan Siber Lemah, Data Penting Pemkab Karangasem Rentan Diretas
  • Baca Buku di Perpustakaan Umum Karangasem Dapat Buku Gratis
  • Demokrat Karangasem Dukung Mas Sumatri Bupati Dua Periode
  • Konon penempatan replika Barong ini memang secara khusus diletakkan berhapan dengan pintu masuk pengunjung, alasannya dalam filosofinya Barong merupakan perlambang dari Dharma atau kebaikan. Sehingga dengan ditempatkannya replika Barong ini diharapkan mampu menyaring hal–hal negatif sehingga begitu masuk ke areal taman pengunjung bisa memperoleh aura positif.   “Replika Barong disini sebagai aling - aling terdepan di pintu masuk untuk membiaskan atau memfilter hal hal negatif atau tidak baik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan olahraga Kabupaten Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika ketika ditanya mengenai maksud penempatan replika Barong tersebut di areal taman.   Menurut Kartika, disamping sebagai filter hal negatif, sesuai dengan namanya Taman Jagat Karana juga memeiliki arti tempat penggemblengan manusia dari kecil hingga dewasa sampai lansia untuk menuju ke arah kebaikan dan kemuliaan   Sementara itu, penempatan atau pembuatan replika Barong ini merupakan salah satu bagian dari pembangunan tahap dua Taman Jagat Karana tersebut.   Dalam pembangunan tahap dua kini, pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp. 1.292.000.000,- sesuai dengan nominal kontak. Adapun sejumlah penataan yang kini dilakukan seperti kawasan Taman Remaja dilakukan pengngerasan treck skateboard, outdoor fitness, peralatan treckskateboard, bangku kebun.
    Selain itu ada juga kawasan Plasa yang meliputi pengadaan bangku kebun, pengadaan plank nama stadion, pengadaan tugu KARANGASEM THE SPIRIT OF BALI. Penataan Taman Anak yang meliputi, penambahan wahana mainan anak, patung anak bermain, pengerasan jalan setapak. Ada juga penataan Taman Lansia yang meliputi, pengadaan railing di accupresure treck, pengadaan patung manjangan dari tanaman, pengadaan patung barong dari tanaman, pengadaan tembok pagar setinggi satu meter dan penambahan lampu taman.   Ada juga penataan Jogging Treck yang meliputi, pavingisasi, penambahan lampu sorot mercury. Penataan sisi selatan taman yang meliputi Pengadaan bangku taman menghadap jalan seperti suasana di Jogya.  

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Replika Barong Taman Jagat Karana Karangasem



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV