Sekda Rai Iswara Ajak Seluruh Pemangku Kepentingan Cepat Tanggap Bencana - Beritabali.com

HOME / NEWS / INFORMASI

Sekda Rai Iswara Ajak Seluruh Pemangku Kepentingan Cepat Tanggap Bencana

Rabu, 08 Januari 2020 | 14:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Cuaca tidak menentu dan ekstrem yang terjadi di beberapa tempat di wilayah Indonesia, tak terkecuali di Bali. 

Pilihan Redaksi

  • Pemkot Denpasar Gelar Apel Kesiapsigaan Penanggulangan Bencana
  • Sekda Indra: Dalam Penanggulangan Bencana Tidak Ada Tanggal Merah
  • Akibat Ulah manusia, Bencana Sulit Diprediksi di Era "Antroposen"
  • Hujan lebat yang berpotensi banjir, angin kencang berdampak pada tumbangnya pepohonan dan lainnya membuat masyarakat cemas akan dampak yang ditimbulkan. Mengatasi kekhawatiran masyarakat tersebut, Pemerintah Kota Denpasar melalui BPBD Kota Denpasar mengajak seluruh OPD dilingkungan Pemkot Denpasar untuk siap siaga dalam penanggulangan bencana yang dilaksanakan di Ruang Mahottama Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Rabu, (8/1).
    Pemberian arahan mengenai kesiapsiagaan penanggulangan bencana kepada seluruh OPD di lingkungan  Pemkot Denpasar ini dilakukan untuk mengajak semua OPD ikut serta mengantisipasi bencana alam yang mungkin akan terjadi. Baik dari kesiapan memberi pertolongan maupun menolong diri sendiri, sarana dan prasarana serta dukungan informasi ataupun yang lainnya, dan masing-masing OPD diharapkan mampu memberikan arahan tentang kebencanaan di areal lingkungan kerjanya, keluarga dan masyarakat.
    Hal ini dikatakan Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara saat memberikan pengarahan dihadapan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. Masalah bencana alam saat ini menjadi topik utama di tahun yang baru ini, karena berbagai bencana alam datang tanpa disadari oleh semua orang.
    “Bencana alam dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, oleh karena itu perlu adanya kesiap siagaan semua masyarakat, petugas maupun sarana prasarana penanggulangan bencana,” ujarnya.
    Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan pihaknya juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk cepat tanggap jika ada bencana. Selain itu, pihaknya juga mengingatkan untuk terus memantau group respon cepat yang telah dibentuk untuk memberi respon cepat kepada masyarakat jika dibutuhkan.
    "Bencana alam tidak bisa dicegah sehingga kita sebagai petugas sudah seharusnya siap siaga tanggap bencana serta bersinergi dengan BNPB, BPBD, TNI/ Polri dan masyarakat," jelasnya.
    Rai Iswara juga mengajak masyarakat untuk bersama- sama mempersiapkan diri menghadapi bencana. Dirinya juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan serta melaporkan jika terpantau atau terjadi bencana dengan menghubungi call center 112 atau (0361) 223333.
    “Mengingat cuaca yang ekstrem, mari bersama-sama meningkatkan kewaspadaan serta selalu berkoordinasi di dalam menghadapi setiap permasalahan,” harapnya sembari meminta untuk memeriksa kembali pasukan dan peralatan yang akan digunakan atau dibawa saat penanganan bencana.
    Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, IB. Joni Ariwibawa mengatakan pihaknya terus melakukan pengecekan sarana prasarana yang akan digunakan jika terjadi bencana. Selain itu dirinya juga telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan seperi Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, DLHK, Satpol PP serta seluruh instansi terkait.
    Dimana para OPD juga harus mengetahui langkah antisipasi di dalam menghadapi bencana yang akan terjadi, untuk itu  kami memberikan cara-cara dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan Untuk itu BPBD Kota Denpasar memiliki beberapa pos yang selalu siaga.
    Jika terjadi bencana, adapun pos siaga yang dimiliki BPBD Kota Denpasar yakni Pos Induk di Jalan Iman Bonjol, Nomor 1776 Denpasar, Pos Juanda di Jalan Ir. H. Juanda, Renon Denpasar, Pos Marhen di jalan Mahendradata Denpasar, Pos Cokro di Jalan Cokroaminoto Ubung, Pos GSD di Gedung Pelayanan Publik Lumintang Denpasar dan 4 Pos Balawisata di Pantai Matahari Terbit, Pantai segara ayu, Pantai Bali Beach serta Pantai Serangan.    

    Penulis : Humas Denpasar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Sekda Rai Iswara Pemangku Kepentingan Cepat Tanggap Bencana


    Info Iklan

    Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV