Informasi

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemkab Badung 2019

Selasa, 03 Desember 2019 | 14:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Badung A.A. Wira Yasa Buka Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung 2019. 

Pilihan Redaksi

  • Pemkot Cimahi Tertarik Kerukunan dan Keamanan di Badung
  • Wabup Suiasa Pimpin Gertak Badung Bersih di Desa Pererenan
  • Umur Harapan Hidup Masyarakat Badung Tertinggi di Bali
  • Acara yang dilaksanakan di ruang pertemuan BKPSDM Kabupaten Badung Puspem Badung (3/12) ini dihadiri Pengeloaan Keuangan Daerah Pejabat Administrator, Pengawas Pelaksana dilingkungan Bappeda, BPKAD dan Inspektorat Kabupaten Badung dan narasumber DR. Drs. Izzudin, M.Pd, Kepala Bidang Kepamongprajaan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Bapak DR. Hasiholan Pasaribu, SE, MPKP, Widyaiswara pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.
    Ketua Panitia I Putu Agus Suantara Kabid. Pengembangan Sumber Daya Manusia Putu Agus Suantara dalam laporannya mengatakan maksud Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara dalam pengelolaan keuangan daerah maupun pertanggungjawabannya. 
    Sedangkan tujuan pelaksanaan Pelatihan adalah agar pengelolaan keuangan dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan. Para Peserta, Pengajar dan Penyelenggaraan, Peserta Pelatihan Pengeloaan Keuangan Daerah adalah Pejabat Administrator, Pengawas, Pelaksana dilingkungan Bappeda, BPKAD dan Inspektorat Kabupaten Badung sebanyak 30 (tiga puluh) orang, Tenaga Pengajar/Instruktur dalam Pelatihan Pengelolaan Keuangan adalah Fasilitator/Narasumber dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 
    Pelatihan Pengeloaan Keuangan Daerah ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari, pemberian materi yang dimulai Selasa, 3 Desember sampai dengan Jumat, 6 Desember 2019 bertempat di Ruang Pertemuan BKPSDM Kabupaten Badung, dilanjutkan dengan Benchmarking ke Best Practice dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang.
    Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 8 s/d 10 Desember 2019 dengan locus Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Tangerang, gelombang II dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 14 Desember 2019 dengan locus Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Kota Bekasi. 
    Adapun materi yang disampaikan selama pelaksanaan Pelatihan Pengeloaan Keuangan Daerah yaitu: Perencanaan Pembangunan Daerah, Penganggaran, Pelaksanaan Anggaran, Pengadaan dan Penetapan Status Penggunaan BMD, Penatausahaan Penerimaan, Penatausahaan Pengeluaran, Akuntansi Keuangan Daerah, Tuntutan Perbendahraan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR).
    Untuk menciptakan proses pembelajaran yang kondusif guna tercapainya tujuan pelatihan, maka digunakan Metode Pembelajaran Andragogy yaitu metode pembelajaran orang dewasa dengan pendekatan partisipatif yang terdiri dari : Dialog, Diskusi, Tanya Jawab, Studi Kasus, Latihan-latihan dan Benchmarking ke Best Practice. Biaya penyelenggaraan Pelatihan Pengeloaan Keuangan Daerah di Kabupaten Badung Tahun 2019 ini sepenuhnya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kabupaten Badung Tahun 2019.  

    Penulis : Humas Badung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV