Pertama di Indonesia, Kapolda Bali Resmikan Museum Penanggulangan Terorisme - Beritabali.com

HOME / NEWS / HUKRIM

Pertama di Indonesia, Kapolda Bali Resmikan Museum Penanggulangan Terorisme

Rabu, 27 November 2019 | 21:50 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Museum Penanggulangan Terorisme di gedung baru Prakasa Rucira Garjita Sport Centre diresmikan oleh Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Rabu (27/11). 

Pilihan Redaksi

  • 4 Buruh Proyek Bobol Loker di Ruang Dit Intelkam Polda Bali
  • Liburan Pertama di Bali Antarkan Kombes Syamsi Jabat Kabid Humas Polda Bali
  • Museum Tari Sanghyang Dedari di Desa Adat Geriana Kauh Diresmikan
  • Museum berlantai 2 yang terletak di Lapangan Tembak di Jalan WR Supratman, Denpasar Timur, secara resmi dibuka untuk umum. Di lokasi peresmian, museum penanggulangan terorisme terletak di lantai bawah. Di ruangan museum itu berisikan dokumentasi aksi terorisme sejak tahun 2002 hingga 2019. Mulai dari bom Bali satu hingga aksi bom bunuh diri di Medan beberapa pekan lalu. 
    Bahkan, sejumlah replika dan foto-foto kejadian Bom Bali 1 dan 2 juga dipajang museum tersebut. Termasuk foto-foto penangkapan para pelaku dan otak terornya. 
    "Jadi, ini pertama di Indonesia yang diekspos pertama ke dunia tentang penanggulangan terorisme," ungkap Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose usai meresmikan gedung museum. 
    Menurut jenderal bintang dua di pundak itu, museum ini mengingatkan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Bali, bahwa teroris adalah musuh bersama, bukan hanya musuh penegak hukum. 
    "Karena dengan bermacam dalih mereka (teroris) akan merubah dasar negara kita. Jadi kita harus bersama-sama mengenang apa yang dilakukan oleh para penegak hukum, satuan tugas anti teror, BNPT, dan seluruh stakehokder," tegasnya. 
    Selain masyarakat sipil, kata jenderal asal Manado Sulawesi Utara itu, sudah banyak anggota polisi juga yang meninggal dan cedera akibat aksi para teroris. Terlebih sekarang ini, para teroris mengubah modus operandinya, dengan cara menyerang polisi. 
    "Secara resmi museum ini terbuka untuk umum. Di sini Edukasinya dapat, bahwa ini menerangkan banyak ilmu secara digital forensik, analisis, belajar juga barang-berbahaya. Kemudian kita melihat juga bahwa ini untuk mengenang sejarah yang dimulai dari Bali tahun 2002," pungkasnya.   

    Penulis : Surya Kelana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kapolda Bali Museum Penanggulangan Terorisme Pertama Di Indonesia


    Info Iklan

    Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV