Profesor Unud Teliti Biji Pranajiwa Sebagai Obat Herbal Diabetes - Beritabali.com

HOME / NEWS / KESEHATAN

Profesor Unud Teliti Biji Pranajiwa Sebagai Obat Herbal Diabetes

Senin, 20 Januari 2020 | 07:00 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Melihat banyaknya penderita Diabetes khususnya di Bali dan di Indonesia, Prof. Dr. I Wayan Gede Gunawan, S.Si., M.Si telah melakukan penelitian untuk mengobati penyakit tersebut yakni dengan menggunakan bahan herbal, yaitu tanaman Biji Pranajiwa.

Pilihan Redaksi

  • Tim Peneliti Unud Coba Kembalikan Kejayaan Jeruk Keprok Tejakula
  • "Biji pranajiwa yang merupakan tanaman langka yang perlu kita kembangkan secara terus-menerus. Bahkan tanaman ini mengandung senyawa yang mampu menurunkan kadar glukosa darah," jelasnya di Kampus Unud, Jimbaran, Sabtu,(18/1). 
    Obat Pranajiwa ini tentu memiliki efek samping yang rendah dibanding dengan obat konvensional.
    "Rencana tahun depan akan dibentuk kapsul, itu juga telah dilakukan dengan uji klinis menggunakan tikus sebagai bahan percobaanya. Jika dilihat sampai saat ini belum ada obat yang mampu mengobati penyakit diabetes secara tuntas. Jadi tentu diharapkan ekstrak Pranajiwa ini, akan mampu menurunkan kadar gula darah," katanya.
    Tanaman jenis ini tentu harus dibudidayakan kedepan dikarenakan jumlah masih terbatas, masyarakat belum semua mengetahuinya. Jika dilihat di lontar ushada Bali, disebutkan Pranajiwa memiliki arti, Prana berarti alat kelamin dan Jiwa memiliki arti jiwa manusia.
    "Tanaman ini tumbuh di semak-semak di dataran tinggi. Buah tersebut merupakan makanan macan juga, itu sebabnya Macan menjadi kuat. Jika dilihat di Bali kami temukan di daerah Bedugul dan Kitamani, bisa hidup disana dikarenakan iklimnya yang mendukung," jelasnya.
    Yang terpenting pertama, lanjutnya, adalah budidayanya jika sudah siap nantinya baru akan dilakukan. Penelitian ini telah dilakukan selama satu tahun.

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Biji Pranajiwa Obat Herbal Diabetes


    Info Iklan

    Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV